Jalur Pendaftaran (REGISTRATION PATH)

Tahun Akademik 2020/2021, Universitas Nusa Bangsa membuka pendaftaran dengan beberapa jalur. Masing-masing jalur memiliki persyaratan khusus yang berbeda, dan mendapatkan potongan biaya yang berbeda sesuai jalur yang dipilih pendaftar.
Jalur Pendaftaran Mahasiswa baru UNB antara lain :

2020/2021 Academic Year, Universitas of Nusa Bangsa opens registration with several channels. Each path has different special requirements and gets different cost pieces according to the path chosen by the registrant.

Pathways for Registration for new UNB students include:

Jalur Reguler Umum (REGULAR)

  • Pendaftaran Jalur Reguler Umum diperuntukan bagi pendaftar lulusan SMA/sederajad
  • Periode pendaftaran hanya Semester Gasal (Ganjil)
  • Membuka Kelas A dan Kelas B
  • Potongan biaya diberikan sesuai periode pendaftaran
  • Persyaratan :
    1. Scan Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
    2. Pas Photo Berlatar biru
    3. Scan KK dan KTP/Akte Kelahiran
    4. Scan kartu BPJS atau Asuransi kesehatan bagi yang sudah memiliki

REGULAR

  • Registration of the General Regular Path is intended for high school/equivalent graduates
  • The registration period is only odd (odd) semester
  • Opens Class A and Class B
  • Discounts are given according to the registration period
  • Requirements:
    1. Diploma Scan and National Exam Result Certificate
    2. Pas Photo Blue background
    3. Scan KK and KTP / Birth Certificate
    4. Scan the BPJS card or health insurance for those who already have it

Jalur Pindahan (TRANSFER)

  • Pendaftaran Jalur Pindahan diperuntukan bagi pendaftar dari Program Studi dan Perguruan Tinggi lain.
  • Periode pendaftaran hanya Semester Gasal (Ganjil) dan Genap
  • Membuka Kelas A dan Kelas B
  • Potongan biaya diberikan sesuai periode pendaftaran.
  • Persyaratan :
    1. Surat keterangan pindah dan Transkrip Nilai
    2. Kartu Mahasiswa Perguruan Tinggi Asal
    3. Pas Photo Berlatar biru
    4. Scan KK dan KTP/Akte Kelahiran
    5. Scan kartu BPJS atau Asuransi kesehatan bagi yang sudah memiliki.

TRANSFER

  • Transfer Path Registration is intended for applicants from other Study Programs and Colleges.
  • The registration period is only odd (odd) and even semesters
  • Opens Class A and Class B
  • Discounts are given according to the registration period.
  • Requirements:
    1. Moving certificate and Value Transcript
    2. College Student Card Origin
    3. Pas Photo Blue background
    4. Scan KK and KTP / Birth Certificate
    5. Scan the BPJS card or health insurance for those who already have it.

Jalur Alih Jenjang (TRANSFER LEVEL)

  • Pendaftaran Jalur Alih Jenjang diperuntukan bagi pendaftar dari lulusan Diploma 3 (D-3)
  • Periode pendaftaran hanya Semester Gasal (Ganjil) dan Genap
  • Membuka Kelas A dan Kelas B
  • Potongan biaya diberikan sesuai periode pendaftaran.
  • Persyaratan :
    1. Scan Ijazah
    2. Transkrip Nilai
    3. Pas Photo Berlatar biru
    4. Scan KK dan KTP/Akte Kelahiran
    5. Scan kartu BPJS atau Asuransi kesehatan bagi yang sudah memiliki.

TRANSFER LEVEL

  • Level Pathway Registration is intended for applicants from Diploma 3 (D-3) graduates
  • The registration period is only odd (odd) and even semesters
  • Opens Class A and Class B
  • Discounts are given according to the registration period.
  • Requirements:
    1. Scan diploma
    2. Transcripts
    3. Pas Photo Blue background
    4. Scan KK and KTP / Birth Certificate
    5. Scan the BPJS card or health insurance for those who already have it.

Jalur Prestasi Akademik (ACADEMIC ACHIEVEMENT)

  • Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik diperuntukan bagi pendaftar lulusan SMA/sederajad 2 tahun terakhir.
  • Peringkat 1-10 di Sekolah
  • Periode pendaftaran hanya Semester Gasal (Ganjil)
  • Hanya untuk Kelas A (kelas utama/non-karyawan)
  • Potongan biaya diberikan sebesar 25% dari Biaya Sumpangan Pembangunan Sarana (SPS).
  • Persyaratan :
    1. Scan Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
    2. Surat Keterangan Kepala Sekolah, tentang Peringkat di Sekolah
    3. Scan Rapor dari kelas 10 – 12
    4. Pas Photo Berlatar biru
    5. Scan KK dan KTP/Akte Kelahiran
    6. Scan kartu BPJS atau Asuransi kesehatan bagi yang sudah memiliki

ACADEMIC ACHIEVEMENT

  • Academic Achievement Pathway Registration is intended for applicants for high school/equivalent graduates in the last two years.
  • Rank 1-10 in School
  • The registration period is only odd (odd) semester
  • Only for Class A (main / non-employee class)
  • Discounts are given at 25% of the Facility for Development Fee (SPS).
  • Requirements:
    1. Diploma Scan and National Exam Result Certificate
    2. Certificate of Principal, regarding Ranking in Schools
    3. Scan report cards from class 10-12
    4. Pas Photo Blue background
    5. Scan KK and KTP / Birth Certificate
    6. Scan the BPJS card or health insurance for those who already have it

 

Jalur Prestasi Non-Akademik (Ekstrakurikuler) (EXTRACURRICULAR)

  • Pendaftaran Jalur Prestasi Non-Akademik diperuntukan bagi pendaftar lulusan SMA/sederajad 2 tahun terakhir.
  • Memiliki Prestasi pada kegiatan ekstrakurikuler atau perlombaan, dibuktikan dengan Sertifikat atau Piala
    • Tingkat Kabupaten/Kota
    • Tingkat Provinsi
    • Tingkat Nasional
  • Periode pendaftaran hanya Semester Gasal (Ganjil)
  • Hanya untuk Kelas A
  • Potongan biaya yang diberikan :
    • Tingkat Kabupaten : Potongan Sumbangan Pembangunan Sarana (SPS) sebesar 25%
    • Tingkat Provinsi : Potongan Sumbangan Pembangunan Sarana (SPS) sebesar 50%
    • Tingkat Nasional : Potongan Bebas Sumbangan Pembangunan Sarana (SPS)
  • Persyaratan :
    1. Scan Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
    2. Scan Sertifikat dan atau Piala
    3. Pas Photo Berlatar biru
    4. Scan KK dan KTP/Akte Kelahiran
    5. Scan kartu BPJS atau Asuransi kesehatan bagi yang sudah memiliki.

EXTRACURRICULAR

  • Registration for the Pathway for Non-Academic Achievement is intended for applicants for high school/equivalent graduates in the last two years. Have achievements in extracurricular activities or competitions, evidenced by certificates or trophies
  • Regency / City Level
  • Provincial Level
  • National level

The registration period is only odd semester (Regular Class). Discounts are given:

  • District Level: Pieces of Facility Development Donations (SPS) of 25%
  • Provincial Level: Pieces of Facility Development Donations (SPS) of 50%
  • National Level: Free Donations for Facility Development (SPS)

Requirements:

  • Diploma Scan and National Exam Result Certificate
  • Scan certificates and or trophies
  • Pas Photo Blue background
  • Scan KK and KTP / Birth Certificate
  • Scan the BPJS card or health insurance for those who already have it.

Jalur BIDIKMISI (BIDIKMISI)

  • Pendaftaran Jalur Bidikmisi diperuntukan bagi pendaftar lulusan SMA/sederajad 2 tahun terakhir.
  • Periode pendaftaran hanya Semester Gasal (Ganjil)
  • Hanya untuk Kelas A
  • Persyaratan :
    1. Scan Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
    2. Scan Formulir Rekomendasi Kepala Sekolah bagi calon BIDIKMISI
    3. Scan Foto rumah (tampak depan, samping kiri, kanan belakang dan dalam rumah) sesuai alamat yang tercantum di kartu keluarga dan ditandatangani oleh orang tua / wali dan RT setempat
    4. Scan Kartu tanda/bukti pelamar BIDIKMISI bagi calon BIDIKMISI
    5. Surat keterangan tidak mampu dari lurah setempat dan kartu Raskin atau kartu penerima BLSM bagi peserta dari keluarga tidak mampu
    6. Satu (1) lembar fotocopy rekening listrik 1 bulan terakhir
    7. Pas Foto terbaru berlatar belakang biru
    8. Scan Kartu Keluarga dan e-KTP/ Surat Keterangan pengganti e-KTP
    9. Scan kartu BPJS atau Asuransi kesehatan bagi yang sudah memiliki

BIDIKMISI

  • Bidikmisi Registration is intended for applicants for high school graduates/equivalent in the last two years.
  • The registration period is only odd (odd) semester
  • Only for Class A
  • Requirements:
    1. Diploma Scan and National Exam Result Certificate
    2. Scan the Principal’s Recommendation Form for prospective BIDIKMISI
    3. Scan photos of houses (front view, left side, right back and inside the house) according to the address listed on the family card and signed by the parent/guardian and local RT
    4. Scan the card for the BIDIKMISI applicant’s sign/proof for BIDIKMISI candidates
    5. Incapable certificate from the local village head and Raskin card or BLSM recipient card for participants from disadvantaged families
    6. One (1) copy of the electricity bill for the last one month
    7. Pas Recent photos with a blue background
    8. Scan the Family Card and e-KTP / Certificate of replacement for e-KTP
  1. Scan the BPJS card or health insurance for those who already have it

Waktu Pendaftaran (REGISTRATION TIME)

  • Semester Gasal (Ganjil)

    1. Gelombang 1 : Januari – Juni 2020
    2. Gelombang 2 : Juli – Agustus 2020
    3. Gelombang 3 : 1 September – 14 September 2020

    ODD SEMESTER

    • Period 1: January – June 2020
    • Period 2: July – August 2020
    • Period 3: September 1 – September 14 2020
  • Semester Genap

    1 Desember 2019 – 28 Februari 2020

    EVEN SEMESTER

    December 1, 2019 – February 28, 2020

Kelas Perkuliahan (LECTURE CLASS)

  • KELAS A (CLASS A)

    1. Kelas Utama (Non-Karyawan)
    2. Perkuliahan Senin – Jum’at
    3. Jam Kulliah 08.00 – 16.00 WIB

    CLASS A (regular)

    1. Class Regular
    2. Lectures Monday – Friday
    3. Hours are 8:00 – 16:00 WIB
  • KELAS B (CLASS B)

    1. Kelas Karyawan
    2. Perkuliahan Sabtu dan Minggu (08.00 – 17.00 WIB)
    3. Perkuliahan Jum’at Malam (18.30 – 21.00 WIB)*

    CLASS B (non-reguler)

    1. Non-Reguler (Employee class)
    2. Saturday and Sunday Lectures (8:00 – 17:00 WIB)
    3. Friday Night Lecture (18.30 – 21.00 WIB) *

Alur Pendaftaran (REGISTRATION FLOW)

  • 1

    Pra-Pendaftaran (PRE-REGISTRATION)

    ♦ Baca Informasi Pendaftaran dengan lengkap
    ♦ Siapkan Email Aktif
    ♦ Siapkan Scan Berkas Pendaftaran
    ♦ Nomor HP aktif/WA

    • Read Registration Information completely
    • Prepare Active Email
    • Prepare a Scan Registration File
    • Active HP / WA number
  • 2

    Isi Formulir Pendaftaran (FILL REGISTRATION FORM)

    ♦ Isi formulir pendaftaran dengan lengkap
    ♦ Pilih jalur pendaftaran yang anda minati

    • Fill in the registration form completely
    • Choose the registration path you are interested in
  • 3

    Membayar Biaya Pendaftaran (PAY REGISTRATION FEES)

    ♦ Bayar biaya pendaftaran Rp.300.000,-
    ♦ Transfer ke BJB Syariah : 0040102001205 an. Universitas Nusa Bangsa
    ♦ Upload Bukti Pembayaran

    • Pay a registration fee of Rp.300,000
    • Transfer to BJB Syariah: 0040102001205 an. University of Nusa Bangsa
    • Upload Payment Proof
  • 4

    Lengkapi Formulir Pendaftaran (COMPLETE THE REGISTRATION FORM)

    ♦ Login ke akun pendaftaran
    ♦ Melengkapai data formulir
    ♦ Upload berkas persyaratan

    • Login to the registration account
    • Complete form data
    • Upload file requirements
  • 5

    Seleksi Mahasiswa Baru (SELECTION OF NEW STUDENTS)

    ♦ Jalur Reguler Umum : Tes Potensi Akademik (Online)
    ♦ Jalur Prestasi Akademik : Seleksi Rapor
    ♦ Jalur Prestasi Non-Akademik : Seleksi Sertifikat/Piala
    ♦ Jalur Bidikmisi : Seleksi Rapor dan kelengkapan Bidikmisi
    ♦ Jalur Pindahan dan Alih Jenjang : Tanpa seleksi

    • General Regular Path: Academic Potential Test (Online)
    • Academic Achievement Path: Report Card Selection
    • Non-Academic Pathways: Certificate / Cup Selection
    • Bidikmisi Path: Selection of report cards and completeness of Bidikmisi
    • Transfer Path and Transfer Level: Without selection

     

  • 6

    Daftar Ulang Mahasiswa Baru (RE-REGISTRATION OF NEW STUDENTS)

    ♦ Pengumuman Kelulusan dan Nomor Induk Mahasiswa Baru
    ♦ Sosialisasi Sistem Akademik Online (SIMAK UNB)
    ♦ Login Akun SIMAK UNB dan lengkapi biodata
    ♦ Isi Kartu Rencana Studi melalui SIMAK UNB
    ♦ Membayar biaya daftar Ulang

    • New Student Number and Graduation Announcement
    • Online Academic System Dissemination (SIMAK UNB)
    • Login SIMAK UNB account and complete the biodata
    • Fill in the Study Plan Card through SIMAK UNB
    • Pay for the re-registration fee

Pendaftaran secara manual :

  1. Silahkan datang ke sekretariat pendaftaran mahasiswa baru UNB. Alamat : JL. KH. Sholeh Iskandar KM.4 Kelurahan Cibadak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.
  2. Isi Formulir pendaftaran dengan lengkap
  3. Bayar biaya pendaftaran Rp.300.000,- secara tunai atau transfer ke rekening BJB Syariah : 0040102001205 an. Universitas Nusa Bangsa.
  4. Menyerahkan berkas persyaratan yang telah disiapkan yang terdiri dari:
    -Fotocopy ijazah/SKL yang sudah dilegalisir (2 lembar).
    -Fotocopy Transkrip nilai yang sudah dilegalisir (2 lembar).
    -Pas Foto ukuran 3×4 dan 4×6 Masing masing (2 lembar).
    -Fotocopy KTP (3 lembar).
    -Fotocopy KK (3 lembar).
    -Fotocopy Akte kelahiran (2 lembar).
    -Fotocopy kartu BPJS/Asuransi lain (2 lembar) bagi yang sudah memilikinya
    (Bagi mahasiswa pindahan wajib melampirkan surat pindah dan kartu mahasiswa dari instansi asal).
  5. Jam Buka pendaftaran Senin – Sabtu (08:00-16:00).

REGISTER MANUALLY:

  1. Please come to the UNB new student registration secretariat. Address: JL. KH. Sholeh Iskandar KM.4 Cibadak Village Tanah Sareal District, Bogor City.
  2. Fill in the registration form completely
  3. Pay the registration fee of IDR 300,000 in cash or transfer to the BJB Syariah (University of Nusa Bangsa account): 0040102001205.
  4. Submit the prepared requirements which consist of:
    • Legalized diploma / SKL (2 sheets).
    • Copy of certified transcripts (2 sheets).
    • Pas photos size 3 × 4 and 4 × 6 each (2 sheets).
    • Copy of KTP (3 sheets).
    • Copy of KK (3 sheets).
    • Copy of birth certificate (2 sheets).
    • Copy of another BPJS / Insurance card (2 sheets) for those who already have it

(For transfer students, they must attach a transfer letter and student card from the original institution).

Registration hours are Monday – Saturday (08: 00-16: 00).

Pertanyaan Tentang Pendaftaran

Silahkan sampaikan pertanyaan seputar pendaftaran dengan mengisi form di bawah ini