PROGRAM PASCASARJANA

Maintenance

Terakreditasi BAN PT

Program Studi Ilmu Ekonomi

Maintenance

Fakultas Ekonomi

Fakutas Ekonomi UNB merupakan salah satu Fakultas Ekonomi terkemuka dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tingkat nasional serta mengakar di lingkungan masyarakat.

Terakreditasi B

Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntasi saat ini telah terakreditasi sesuai SK Dikti No. 486/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 tertanggal 15 Desember 2017 dengan predikat “Terakreditasi B”.

Menghasilkan Sarjana Strata-1 (S-1) berdasarkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot minimal 147 SKS yang ditempuh dalam rentang masa studi minimal 4 Tahun (8 Semester)

Lulusan Prodi Akuntansi dapat mengaplikasikan keahlian akuntansinya diberbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta khususnya pada institusi keuangan, pendidikan, sosial dan wirausaha. Prospek kerja lulusan di bidang Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan, Koperasi, Asuransi, Pegadaian, Bursa Efek, Lembaga Zakat, Dosen, Guru dan Peneliti serta Wirausahawan.

Terkareditasi B

Program Studi Manajemen

Program Studi Manajemen saat ini telah terakreditasi dengan predikat “Terakreditasi B”. Prodi manajemen menawarkan beberapa konsentrasi yaitu:

  1. Manajemen SDM
  2. Manajemen Keuangan
  3. Manajemen Pemasaran
  4. Manajemen Operasi/Produksi

Menghasilkan Sarjana Strata-1 (S-1) berdasarkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot minimal 147 SKS yang ditempuh dalam rentang masa studi minimal 4 Tahun (8 Semester)

Lulusan Prodi Manajemen dapat memiliki posisi strategis diberbagai lembaga pemerintah maupun swasta, dan wirausahawan. Alumni Prodi manajemen dapat berkiprah di lembaga perbankan, otoritas Jasa Keuangan, Koperasi, Asuransi, Pegadaian, Bursa efek, Lembaga Zakat, Dosen dan peneliti.

Fakultas Pertanian

Menjadi Fakultas Unggulan di Tingkat Nasional dalam bidang Pendidikan, Riset dan Pengabdian Masyarakat untuk teknologi budidaya dan bisnis pertanian yang berbasis sumberdaya lokal dan ramah lingkungan.

Terakreditasi B

Program Studi Agroteknologi

Kekhasan yang dimiliki Program Studi Agroteknologi adalah penguatan kompetensi dalam aspek pertanian berkelanjutan  berkaitan dengan teknologi perbenihan, penanaman dan penanaman serta pengolahan lahan atau media tanam. Saat ini Program Studi Agroteknologi telah terakreditasi dengan predikat “Terakreditasi B”.

Prodi Agroteknologi menghasilkan Sarjana strata -1 (S-1) yang berdasarkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot minimal 147 SKS dengan rentang masa studi minimal 4 tahun (8 semester)

Lulusan dapat bekerja sebagai:

  • Wirausahawan atau pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, pembenihan, pupuk, pestisida sarana pro­duksi pertanian lainnya, dll.
  • Perkebunan baik pemerintah atau swasta
  • Industri pembenihan, pupuk, pestisida, argo-chemical nasional dan Internasional
  • Instansi – instansi pemerintah baik pusat maupun daerah serta swasta
  • Akademisi dan peneliti

Terakreditasi B

Program Studi Agribisnis

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Nusa Bangsa memiliki dua kelompok besar mata kuliah. Pertama, mata kuliah sistem yaitu mata kuliah yang mendukung pada penguasa­an dan kemampuan rekayasa kesisteman terkait erat dengan sektor agribisnis. Kedua, mata kuliah program yaitu mata kuliah yang menciptakan kompetensi dalam pengelolaan dan pengem­bangan usaha, serta pemberdayaan masyarakat agribisnis. Prog­ram Studi Agribisnis “Terakreditasi B” sesuai SK BAN PT Nomor 0090/SK/BAN-PT/Akred/S/ll/2016.

Prodi Agribisnis menghasilkan Sarjana strata-1 (S-1) yang berdasarkan kuriku­lum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot minimal 147 SKS dengan rentang masa studi minimal 4 tahun (8 semester).

Lulusan dapat bekega sebagai:

  • Wirausahawan atau pelaku bisnis bidang pertanian
  • Industri pangan, pakan, farmaka dan bioenergi
  • Fasilitator pemberdayaan masyarakat bidang agribisnis
  • Manajer Agribisnis profesional
  • Instansi-instansi pemerintah baik pusat maupun daerah serta swasta
  • Akademisi dan peneliti

Fakultas Matematika & Imu Pengetahuan Alam

Menjadikan Fakultas MIPA terkemuka dalam menghasilkan sarjana sains yang terpecaya. berkualitas dan berdaya saing di bidang Biologi dan Kimia.

Terakreditasi B

Program Studi Biologi

Menjadikan Program Studi Biologi andalan di tingkat Nasional dalam pengembangan Ilmu biologi dan biologi terapan yang berwawasan lingkungan. Sesuai SK badan akreditasi perguruan tinggi Nomor. 1824/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016. Program Studi Terakreditasi B.

Pilihan peminatan:

  1. Biologi Lingkungan
  2. Biologi Industh
  3. Bioteknologi

Menghasilkan Sarjana strata -1 (S-1) yang berdasarkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot minimal 147 SKS dengan rentang masa studi minimal 4 tahun (8 semester).

Setelah menyelessaikan pendidikan S1 Biologi diharapkan menjadi :

  1. Peneliti
  2. Pendidik
  3. Wirausaha berbasis biologi
  4. Birokrat
  5. Kurator berbasis biologi
  6. Tenaga Kesehatan

Terakreditasi B

Program Studi Kimia

Terbentuknya lembaga pendidikan tinggi unggulan bertaraf nasional yang peduli pada kemajuan pendidikan dan peneliti­an di bidang kimia, serta pengabdian pada masyarakat, sehing­ga dapat mengembangkan sumber daya alam yang berwawas­an lingkungan. Prodi Kimia Torakroditasi B oleh BAN PT

Pilihan peminatan :

  1. Kimia Organik
  2. Kimia Anorganik
  3. Kimia Analitik
  4. Biokimia
  5. Kimia Lingkungan

Menghasilkan Sarjana strata-1 (S-1) yang berdasarkan kuriku­lum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot minimal 149 SKS dengan ren­tang masa studi minimal 4 tahun (8 semester)

Lulusan Prodi Kimia dapat bekerja sebagai :

  • Peneliti bidang Kimia
  • Enterpreuneur/ Pengusaha bidang Kimia
  • Dosen/ Akademisi
  • Guru Kimia
  • Teknisi bidang Kimia
  • Pegawai Negeri Sipil
  • dll

Fakultas Kehutanan

Menjadikan Fakultas Kehutanan unggulan dalam pendidikan dan pengembangan di bidang pengelolaan Sumberdaya hutan lestari serta menghasilkan tenaga penyuluh Kehutanan trampil

Terakreditasi B

Program Studi Kehutanan (S-1)

Menghasilkan Sarjana yang terpercaya, trampil, berwawasan ling­kungan, berdaya saing, dan mampu mengembangkan serta me­ningkatkan pengelolaan Sumberdaya Hutan. Program Studi Kehu­tanan (S-1) Terakreditasi B.

Pilihan peminatan:

  1. Manajemen Hutan
  2. Konservasi Sumber Daya Hutan

Prodi Kehutanan menghasilkan Sarjana strata-1 (S-1) yang berdasarkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot 150 SKS (Manajemen Kehutanan) dan 151 SKS (Konservasi Sumberdaya Hutan) dengan rentang masa studi minimal 4 tahun (8 semester).

Lulusan Prodi Kehutanan dapat bekerja sebagai Peneliti, akademisi baik guru maupun dosen, pegawai di instansi pemerintah maupun swasta seperti di bidang pemetaan hutan, hutan tanaman industri, biro konsultan hutan, lembaga penelitian dan wirausaha perkayuan serta bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan.

SERTIFIKASI KEAHLIAN FAKULTAS KEHUTANAN

Sebuah Program yang disediakan bagi mahasiswa Fakultas Kehutanan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Adapun sertifikasi yang disediakan adalah SVLK (sistem verifikasi legalitas kayu). Yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan sehingga mampu berkreasi dan berinovasi di dunia kerja.

Terkareditasi

Program Studi Diploma III Penyuluhan Kehutanan (D-3)

Program diploma (D-3) penyuluhan kehutanan yang terakreditasi oleh BAN-PT adalah program yang bertujuan untuk mengha­silkan Penyuluh Kehutanan yang terampil dan mampu me­numbuh kembangkan potensi serta memberdayakan masya­rakat dalam pemanfaatan sumberdaya hutan secara lestari.

Kurikulum Program Studi Diploma III Penyuluhan Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa dirancang agar mahasiswa dapat menyelesaikan 118 SKS selama 6 (enam) semester. Kegiatan akademik meliputi: Perkuliahan, praktek, seminar dan karya ilmiah

Lulusan Prodi D-3 Penyuluhan kehutanan telah banyak bekerja sebagai Tenaga Penyuluhan di Pemda Kabupaten Bogor dan di Bangka Belitung. Selain itu lulusan juga dapat berkarir di berbagai bidang baik di Lembaga Pemerintah, BUMN maupun swasta.