Fakultas Kehutanan

VISI

Menjadikan Fakultas Kehutanan unggulan dalam pendidikan dan pengembangan di bidang pengelolaan Sumberdaya hutan lestari serta menghasilkan tenaga penyuluh Kehutanan trampil

Program Studi

Kehutanan

Terakreditasi B

Menghasilkan Sarjana yang terpercaya, trampil, berwawasan ling­kungan, berdaya saing, dan mampu mengembangkan serta me­ningkatkan pengelolaan Sumberdaya Hutan. Program Studi Kehu­tanan (S-1) Terakreditasi B.

Pilihan peminatan:

  1. Manajemen Hutan
  2. Konservasi Sumber Daya Hutan

Prodi Kehutanan menghasilkan Sarjana strata-1 (S-1) yang berdasarkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot 150 SKS (Manajemen Kehutanan) dan 151 SKS (Konservasi Sumberdaya Hutan) dengan rentang masa studi minimal 4 tahun (8 semester).

Lulusan Prodi Kehutanan dapat bekerja sebagai Peneliti, akademisi baik guru maupun dosen, pegawai di instansi pemerintah maupun swasta seperti di bidang pemetaan hutan, hutan tanaman industri, biro konsultan hutan, lembaga penelitian dan wirausaha perkayuan serta bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan.

SERTIFIKASI KEAHLIAN FAKULTAS KEHUTANAN

Sebuah Program yang disediakan bagi mahasiswa Fakultas Kehutanan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Adapun sertifikasi yang disediakan adalah SVLK (sistem verifikasi legalitas kayu). Yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan sehingga mampu berkreasi dan berinovasi di dunia kerja.

D3 Penyuluhan Kehutanan

Terakreditasi

Program diploma (D-3) penyuluhan kehutanan yang terakreditasi oleh BAN-PT adalah program yang bertujuan untuk mengha­silkan Penyuluh Kehutanan yang terampil dan mampu me­numbuh kembangkan potensi serta memberdayakan masya­rakat dalam pemanfaatan sumberdaya hutan secara lestari.

Kurikulum Program Studi Diploma III Penyuluhan Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa dirancang agar mahasiswa dapat menyelesaikan 118 SKS selama 6 (enam) semester. Kegiatan akademik meliputi: Perkuliahan, praktek, seminar dan karya ilmiah

Lulusan Prodi D-3 Penyuluhan kehutanan telah banyak bekerja sebagai Tenaga Penyuluhan di Pemda Kabupaten Bogor dan di Bangka Belitung. Selain itu lulusan juga dapat berkarir di berbagai bidang baik di Lembaga Pemerintah, BUMN maupun swasta.