Fakultas Kehutanan

VISI

Menjadikan Fakultas Kehutanan unggulan dalam pendidikan dan pengembangan di bidang pengelolaan Sumberdaya hutan lestari serta menghasilkan tenaga penyuluh Kehutanan trampil

Program Studi

Kehutanan

Terakreditasi B

Menghasilkan Sarjana yang terpercaya, trampil, berwawasan ling­kungan, berdaya saing, dan mampu mengembangkan serta me­ningkatkan pengelolaan Sumberdaya Hutan. Program Studi Kehu­tanan (S-1) Terakreditasi B.

Pilihan peminatan:

  1. Manajemen Hutan
  2. Konservasi Sumber Daya Hutan

Prodi Kehutanan menghasilkan Sarjana strata-1 (S-1) yang berdasarkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbobot 150 SKS (Manajemen Kehutanan) dan 151 SKS (Konservasi Sumberdaya Hutan) dengan rentang masa studi minimal 4 tahun (8 semester).

Lulusan Prodi Kehutanan dapat bekerja sebagai Peneliti, akademisi baik guru maupun dosen, pegawai di instansi pemerintah maupun swasta seperti di bidang pemetaan hutan, hutan tanaman industri, biro konsultan hutan, lembaga penelitian dan wirausaha perkayuan serta bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan.

SERTIFIKASI KEAHLIAN FAKULTAS KEHUTANAN

Sebuah Program yang disediakan bagi mahasiswa Fakultas Kehutanan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Adapun sertifikasi yang disediakan adalah SVLK (sistem verifikasi legalitas kayu). Yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan sehingga mampu berkreasi dan berinovasi di dunia kerja.

D3 Penyuluhan Kehutanan

Terakreditasi B

Program diploma (D-3) penyuluhan kehutanan yang terakreditasi oleh BAN-PT adalah program yang bertujuan untuk mengha­silkan Penyuluh Kehutanan yang terampil dan mampu me­numbuh kembangkan potensi serta memberdayakan masya­rakat dalam pemanfaatan sumberdaya hutan secara lestari.

Kurikulum Program Studi Diploma III Penyuluhan Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa dirancang agar mahasiswa dapat menyelesaikan 118 SKS selama 6 (enam) semester. Kegiatan akademik meliputi: Perkuliahan, praktek, seminar dan karya ilmiah

Lulusan Prodi D-3 Penyuluhan kehutanan telah banyak bekerja sebagai Tenaga Penyuluhan di Pemda Kabupaten Bogor dan di Bangka Belitung. Selain itu lulusan juga dapat berkarir di berbagai bidang baik di Lembaga Pemerintah, BUMN maupun swasta.

KERJASAMA

KERJASAMA FAKULTAS KEHUTANAN

Kegiatan Kemahasiswaan

KEGIATAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS KEHUTANAN

Seminar Silvikultur Indonesia

Masyarakat Silvikultur Indonesia menyelenggarakan seminar virtual berkala, MasSI Talk, dalam rangka berbagai informasi tentang ilmu, pengetahuan, teknologi dan pengalaman terkait praktek-praktek Silvikultur di Indonesia.

PEMBEKALAN PRAKTIK UMUM INTERNAL FAKULTAS KEHUTANAN ANGKATAN KE – 30

Fakultas Kehutanan telah melaksanakan seminar pembekalan praktik umum internal selama dua hari 23-24 Juli 2021 secara daring melalui zoom meeting yang diikuti oleh 60 mahasiswa. Praktik  Umum  tahun  ini  khususnya  angkatan  ke-30 diselenggarakan  pada  10 (sepuluh)  lokasi  yaitu  Perum Perhutani  KPH  Bogor,  KPH  Banten, KPH Ciamis, KPH Cianjur, KPH Garut, KPH Kuningan, KPH Majalengka, KPH Sukabumi, dan KPH  Sumedang  serta  Dinas  Kehutanan  dan  lingkungan  hidup,  Unit  pelaksanaan  teknis KPH Wililayah Bengkayang Kalimatan. Pembekalan praktik umum bertujuan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa mengenai dasar teori yang akan dipraktikan di lapangan.

Materi pembekalan disampaikan dalam 2 hari pembekalan :

  1. Hari pertama, berisi materi tentang Perencanaan Hutan dan Pemanenan Hasil Hutan
  2. Hari kedua, disampaikan materi mengenai Pembinaan Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, dan Perhutanan Sosial.

Praktik umum  bertujuan untuk memberi  kesempatan  kepada  mahasiswa  melihat,  mengamati, mengenali  kegiatan  dan  permasalahan  pengelolaan  hutan secara langsung di lapangan, sehingga dapat menghasilkan sarjana kehutanan yang profesional.

Link Materi :

  1. Perencanaan Hutan
  2. Pemanenan Hasil Hutan
  3. Pembinaan Hutan
  4. Konservasi Sumberdaya Hutan
  5. Perhutanan Sosial

SOSIALISASI “MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)” FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS NUSA BANGSA MENYONGSONG ERA GLOBALISASI

Prodi Kehutanan UNB melakukan sosialisasi program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada hari Kamis tgl 22 Juli 2021 melalui online. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kehutanan UNB, Ketua Prodi Kehutanan, para dosen dan para mahasiswa Prodi Kehutanan dari semua angkatan. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa pentingnya program MBKM ini di era globalisasi. Mahasiswa harus membuka diri terhadap lingkungan kerja agar mereka dapat mempersiapkan diri untuk dapat memenuhi kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Mahasiswa juga dapat menambah wawasan pembelajaran dengan pengalaman belajar di kampus lain. Program MBKM yang akan dilaunching untuk kali pertama ini adalah program pertukaran pelajar, magang, riset dan Kuliah Kerja Nyata Tematik. Program tersebut akan dimulai pada saat semester ganjil Tahun ajaran 2021/2022. Harapannya mahasiswa Prodi Kehutanan bisa menjadi Sarjana Kehutanan yang unggul di bidangnya. Fahutan SERU!!!

Link Materi : SOSIALISASI MBKM PRODI KEHUTANAN

WORKSHOP PEMBEKALAN PRAKTIK UMUM OLEH PERUM PERHUTANI

Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa telah melaksanakan workshop pembekalan praktik umum pada tanggal 31 Juli 2021 secara daring melalui zoom meeting. Pembekalan ini merupakan rangkaian dari pembekalan internal yang dilaksanakan pada 23-24 Juli 2021. Materi workshop pembekalan yang ke-2 ini disampaikan oleh Perum Perhutani. Narasumber yang hadir adalah Bapak Ruli Waldi Nasution (Bagian Perencanaan Hutan Wilayah I Bogor) dan Bapak Nanang Helmi (KPH Kuningan). Materi pembekalan dari Perum Perhutani berisi mengenai Perencanaan Hutan, Produksi Kayu, Perhutanan Sosial, Pembinaan Hutan, Industri Minyak Kayu Putih, serta materi lainnya sebagai pelengkap. Pembekalan yang ke-2 ini diharapkan memperkuat wawasan dan pengetahuan para peserta pada praktik umum yang akan dimulai 2 Agustus 2021. Praktik umum angkatan ke-30 dilaksanakan di beberapa KPH di Divisi Regional Jabar – Banten dan KPH di Kalimantan :

  • KPH Ciamis
  • KPH Garut
  • KPH Kuningan
  • KPH Majalengka
  • KPH Sukabumi
  • KPH Sumedang 
  • Unit Pelaksana  Teknis Daerah KPH Wilayah Bengkayang Kalimatan

Pada pelaksanaannya, para peserta PU akan didampingi oleh pembimbing lapangan dari masing-masing lokasi praktik. Pada periode itu pula, Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa akan melakukan supervisi kepada peserta praktik. Supervisi dilakukan sebagai bentuk monitoring pelaksanaan praktik umum, sekaligus memastikan bahwa pelaksanaan praktik berjalan dengan baik. 

Link Materi Pembekalan Praktik Umum oleh Perum Perhutani

Gallery Kegiatan