Diskusi Sains Virtual #3, Mengupas Tuntas Bioprospeksi Tumbuhan Berpotensi di Indonesia dan Peluang Berkarir Bagi Lulusan Biologi

Laboratorium Biologi X Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Nusa Bangsa Kembali Menyelenggarakan Diskusi Sains Virtual #3 dengan Mengupas Tuntas Bioprospeksi Tumbuhan Berpotensi di Indonesia dan Peluang Berkarir Bagi Lulusan Biologi

 

Program Studi Biologi FMIPA Universitas Nusa Bangsa kembali mencatat kesuksesan melalui Laboratorium Biologi dan Himpunan Mahasiswa Biologi UNB yang berhasil menyelenggarakan kegiatan Diskusi Sains Virtual (DSV) #3 pada tanggal 30 Mei 2024. Diskusi Sains Virtual ini telah menjadi kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Biologi UNB berkolaborasi dengan HIMABIO UNB. Keberhasilan DSV#1 dan DSV#2 mendorong penyelenggaraan DSV#3, dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Biologi.

Diskusi Sains Virtual (DSV) #3 menghadirkan Ibu Intani Quarta Lailaty, S.Si., M.Sc. dari Pusat Riset Botani Terapan-Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRBT-BRIN) dengan mengangkat tema “Bioprospeksi Tumbuhan Berpotensi Indonesia” dan Bapak Faisal Rahmat, S.Si. dari Lloyd’s Register Quality Assurance Indonesia (LRQA) dan merupakan alumni Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa dengan mengangkat tema “ Navigating Career Opportunities for Biology Student”.

“Kami ingin memberikan wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta hasil penelitian terkait dengan bidang Biologi, serta kegiatan ini diharapkan dapat menjadi forum yang memperluas wawasan dan pemahaman tentang bagaimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tantangan dalam pengembangannya, serta manfaat yang dapat dihasilkan bagi masyarakat dan industri” ujar Ketua Pelaksana, Ade Ayu Oksari, S.Si., M.Si.

“Pemahaman saya mengenai bioprospeksi tumbuhan dilakukan agar tumbuhan tidak punah dan  tetap terjaga karna berhubungan dengan ekosistemnya. Kemudian, lewat DSV ini nanti akan diberikan pemahaman mengenai banyaknya pekerjaan yang membutuhkan seorang lulusan biologi, sehingga terbantahkan pemahaman masyarakat ttg sempitnya lapangan pekerjaan untuk lulusan Biologi. Terimakasih dan semoga apa yang disampaikan nanti membawa manfaat bagi kita semua ” ujar Dekan Fakultas MIPA Universitas Nusa Bangsa, Dr. Lany Nurhayati, S.Si., M.Si.

Diskusi Sains Virtual #3 diikuti oleh 105 peserta dari berbagai instansi, termasuk Mahasiswa/i Universitas Nusa Bangsa, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Universitas Labuhanbatu, Universitas Flore, Universitas Timor, Universitas Haji Sumatera Utara, SMA Negeri 7 Bogor, SMKN 1 Koto Baru, PT. Arasy Lab, PT. Sinarmas, PT. Organik Sehat Alami, serta Badan Riset yang meliputi BRIN dan BBPMSOH. Peserta terdiri dari mahasiswa, guru, dosen, tenaga pendidik, pegawai swasta/negeri, serta siswa SMA sederajat.

1

 

Alhamdulillah Diskusi Sains Virtual #3 berjalan lancar dan sukses. Hal ini ditandai dengan keaktifan peserta selama acara berlangsung, seperti bertanya, menjawab pertanyaan dari narasumber dan mengikuti kuis yang telah dipersiapkan oleh panitia DSV#3. Semoga acara ini dapat menciptakan kolaborasi yang baik antar narasumber dengan peserta DSV serta dapat memotivasi mahasiswa untuk berkontribusi lebih aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Biologi.

Live streaming kegiatan DSV#3 dan video promosi Program Studi Biologi FMIPA UNB dapat dilihat pada channel youtube FMIPA_UNB Bogor dengan link sebagai berikut: https://www.youtube.com/live/4IFYXo8_4WI?feature=shared (DSV#3) dan https://youtu.be/6Yf4FUG86A4 (Video promosi Program Studi Biologi FMIPA UNB. Semoga di tahun berikutnya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali, yaitu Diskusi Sains Virtual Laboratorium Biologi UNB#4.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *