UNB Gelar Festival Reptil Guna Mengedukasi Pelajar, Mahasiswa, dan Masyarakat

unb.ac.id. Bogor-Pencinta reptil mendapatkan kabar bahagia, serta menantikan acara ini yaitu Festival Reptil. Pertama kalinya diadakan di UNB oleh Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa (UNB), pada hari Sabtu, 13 Mei 2023, penghobi reptil menjajaki gedung Auditorium UNB dengan membawa hewan kesayangan mereka yang terlihat unik dan menarik. Reptil yang dibawa juga terlihat terawat dengan baik untuk siap mengikuti kontes dan memperoleh gelar juara.

Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa (UNB), Dr. Ir. Luluk Setyaningsih, M.Si.  mengatakan, festival tersebut merupakan gelaran perdana di Kota Bogor dengan tujuan mengedukasi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat mengenai hewan reptil. “Edukasi yang disampaikan mulai dari pengenalan reptil, cara berinteraksi yang aman, meneliti, proses penginventarisan, cara mengurus dan membuat nyaman reptil peliharaan, dan tahapan merescue reptil,” kata Luluk.

Selain seminar edukasi, festival ini juga diisi dengan kontes serta bazar reptil. Terdapat 11 kelas reptil yang dilombakan pada kontes ini serta ratusan hewan reptil dari puluhan komunitas yang berpartisipasi dalam ajang tersebut. “Jenis-jenis yang ikut di kontes dan bazar ini di antaranya ular, gecko, soalayar, kadal, iguana, biawak. Mereka akan dinilai oleh pegiat reptil seperti Youtuber Arby Reptile, Naufal, dan Satria,” ungkap Luluk.

Para peserta bukan hanya datang dari wilayah Kota Bogor, melainkan juga wilayah Jadetabek bahkan Denpasar, Bali. “Komunitas reptil memang banyak tersebar di Bogor dan wilayah lain. Oleh karena itu kami berharap festival ini bisa memberikan wawasan yang lebih luas untuk para pecinta reptil,” harapnya. Luluk menyampaikan UNB sedang mengembangkan studi mengenai reptil, bahkan memiliki Herpetarium atau pusat studi reptil.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto. Beliau berbahagia dan bangga pada Universitas Nusa Bangsa karena Festival Reptil dapat turut melestarikan fauna di Kota Bogor.

“Saya berharap kegiatan festival ini bisa jadi kegiatan rutin yang terus dilaksanakan setiap tahun untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat pada reptil dan lingkungan,” ucapnya.

Link berita terkait:

https://www.antaranews.com/video/3537864/pecinta-reptilia-kota-bogor-ajak-masyarakat-lebih-dekat-dengan-reptil

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *