PELATIHAN MAHASISWA KEHUTANAN INDONESIA 2022

unb.ac.id. Bogor-Pelatihan Mahasiswa Kehutanan Indonesia (PMKI) yang bertemakan “Peran dan Sinegritas Indonesia dalam Mewujudkan Target FoLU Net Sink 2030” dilaksanakan di IPB University  Kota Bogor, Jawa Barat pada tanggal 24 s/d 28 November 2022. PMKI ini diikuti mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia berjumlah 80 delegasi dari 23 PC dan PCP yang tergabung dalam Tubuh Sylva Indonesia, salah satunya yaitu Sylva “Universitas Nusa Bangsa”. Acara ini juga merupakan rangkaian dari agenda wajib dari kegiatan Sylva Indonesia, Pelatihan, peran Sylva Indonesia dan diskusi membahas seputar target FoLU Net Sink 2030.

Kegiatan yang diselenggarakan selama lima hari tersebut diisi dengan serangkaian kegiatan yaitu Dialog Nasional Sylva Indonesia, Sylva Training Class, Sylva Training Bootcamp, Seminar Nasional, dan Focus Grup Discusion.  Pada hari pertama tanggal 24 November 2022, dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional dengan tujuan menghimpun informasi terkait kebijakan dan pelaksanaan FoLU Net Sink 2030 di Gedung Audit Andi Hakim Nasution, kemudian dilanjutkan dengan Sylva Training Class (Perhitungan karbon lewat biomassa).

Acara dilanjutkan dengan kegiatan Sylva Training Class pada tanggal 25 November 2022 di Pusdiklat Kehutanan, Kota Bogor. Kegiatan tersebut diisi dengan workshop dalam angka pembekalan teori mengenai (1) Karbon dan Biomassa, (2) Konsep dasar Remote Sensing, (3) Remote Sensing dalam pendugaan karbon.

Pada hari ketiga, tanggal 26 November 2022 diadakan kegiatan Sylva Training Boootcamp, yang berlokasi di Hutan Penelitian Dramaga. Pada tanggal 27 November 2022, acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional dan Focus Group Discussion, berlokasi di Biotrop. Pada Focus Group Discussion, peserta mendiskusikan tentang bagaimana peran Sylva Indonesia dalam controling FoLU Net Sing 2030. Terakhir, pada malam harinya, rangkaian kegiatan PMKI ditutup secara resmi. Semoga dengan terlaksana kegiatan ini, dapat mempererat tali persaudaraan antara rimbawan se-Indonesia, menambah pengetahuan, dan keterampilan serta rimbawan dapat berperan dalam controlling FoLU Net Sink 2030.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *