PKKMB Universitas Nusa Bangsa Membentuk Generasi Unggul dan Berkarakter

unb.ac.id. Bogor-September 2022, bulan yang dinanti oleh mahasiswa baru Universitas Nusa Bangsa (UNB) untuk mengenal Kampus tercinta, Universitas Nusa Bangsa. Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2022/2023 pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 17-18 September 2022 di Griya Nusa Bangsa dan Kampus UNB, Bogor, Jawa Barat, telah berlangsung dengan lancar. Peserta PKKMB terdiri dari mahasiswa baru Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas MIPA, dan Fakultas Kehutanan. Acara PKKMB diawali dengan upacara penyambutan mahasiswa baru, dihadiri Rektor UNB dan pejabat di lingkungan UNB. Pada pembukaan, Rektor UNB, Dr. Ir. Yunus Arifien, M.Si. mengingatkan, mahasiswa untuk aktif, rajin dan tekun dalam mengikuti perkuliahan sehingga target tamat tepat waktu selama 4 tahun dapat dicapai. “Mahasiswa baru yang masuk tahun 2022, harus sudah tamat pada tahun 2026 dengan nilai rata-rata IPK di atas nilai 3.00”, kata Yunus.
Acara dilanjutkan dengan selayang pandang tentang Universitas Nusa Bangsa, dipandu oleh Rektor UNB dan para Wakil Rektor UNB. Pada acara tersebut memperkenalkan visi, misi, tujuan, struktur organisasi, fasilitas, perkembangan alumni, serta album kegiatan Universitas Nusa Bangsa. Mahasiswa baru dalam acara dibekali pentingnya kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara. Acara diisi oleh Dr. Sigit Purwanto S.I.P, M.Si, CHRP dari Pusat Pendidikan Zeni TNI Angkatan Darat Bogor.
Mahasiswa baru juga harus paham mengenai sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi. Materi tersebut disampaikan oleh Dr. Luluk Setyaningsih, Ir., M.Si., IPU., Selain itu, pentingnya kesadaran mahasiswa akan lingkungan diberikan pada saat materi kesadaran lingkungan hidup, manajemen risiko, dan kampus sehat, dengan narasumber dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor. Pengenalan penguatan karakter mahasiswa juga disampaikan agar mahasiswa sadar untuk bahwa mereka adalah siswa yang lebih dewasa, dengan pendidikan tinggi mereka mampu berpikir kritis, sistematis, mampu membedakan mana yang penting dan tidak penting, serta mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi di masyarakat.
Selanjutnya, mahasiswa baru dibekali pemahaman mengenai kegiatan akademik, layanan kemahasiswaan, sarana dan keuangan, serta organisasi mahasiswa yang disampaikan oleh Tun Susdiyanti, S.Hut, M.Pd. yang menjabat sebagai Wakil Rektor I UNB, terkait sarana dan keuangan oleh Ir. Chopep Tolandho, M.BA, Wakil Rektor II UNB, dan terkait organisasi mahasiswa dijelaskan oleh Wakil Rektor III, Dr. Karmanah, S.P., M.Si. Mahasiswa wajib paham proses dan sistem akademik, layanan akademik dan mahasiswa guna kelancaran kegiatan selama perkuliahan di Universitas Nusa Bangsa.

Hari kedua, tanggal 18 September 2022, kegiatan difokuskan di Kampus UNB, tepatnya di auditorium dan lapangan Universitas Nusa Bangsa. Setelah kegiatan olahraga, mahasiswa baru diperkenalkan dengan pengurus Yayasan Pengembangan Keterampilan Mutu Kehidupan Nusantara (PKMKN). Acara tersebut diisi oleh Ir. Doddy Imron Cholid, M.S. ketua yayasan PKMKN. “Mahasiswa sekarang harus semangat, berani berpendapat, dan kritis, karena kalian adalah siswa di tingkat paling tinggi”, kata Doddy.
Acara dilanjutkan dengan pengenalan Fakultas (FEB, MIPA, Pertanian, dan Kehutanan), dengan tujuan mahasiswa mengenal visi, misi dan tujuan masing-masing fakultas, kegiatan rutin fakultas, sarana dan prasarana, dosen pengajar, dan staf di tata usaha. Acara selanjutnya, pengenalan dan demo Resimen Mahasiswa Mahawarman, sosialisasi pengenalan dan demo Unit Kegiatan Mahasiswa dari BEM KM, BEM FAHUTAN, BEM FEB, BEM MIPA, BEM FAPERTA, IKLIM, PMK yang bertujuan memperkenalkan kegiatan-kegiatan mahasiswa di kampus. Agar terjalin kebersamaan yang lebih erat, panitia mengadakan kegiatan Nusa Bangsa Fun Games, serta Bakti Sosial (Baksos) yang disampaikan ke masyarakat sekitar UNB atau Pondok Pesantren. Ujung kegiatan PKKMB, peserta merasakan keakraban, keceriaan, dan semangat untuk siap memulai perkuliahan di UNB. Akhir acara atau penutupan PKKMB 2022 dihadiri oleh Rektor UNB, beberapa pejabat struktural yang selanjutnya ditutup oleh Rektor UNB. Selamat bergabung dan menjadi keluarga besar Universitas Nusa Bangsa, UNB Mandiri, Lestari, Inovatif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.