“SOSIALISASI DAN PENYULUHAN HUKUM PERTANAHAN DALAM PENGABDIAN MASYARAKAT”

Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Camat Cibungbulang menjadikan hari yang istimewa untuk Pusat Studi Agraria dan Tata Ruang Universitas Nusa Bangsa (Pusdi Agrataru UNB). dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini turut hadir Camat Cibungbulang, Agung Surachman Ali, S.STP.,
M.M.,beserta Jajarannya dan para Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kasie Pemerintahan se- Kecamatan Cibungbulang. Sementara dari Pusdi Agrataru UNB diwakili oleh Ali Rachman (Ketua koordinator Tim Ahli) dan Dwi Agus Sasongko, S.Hut., M.Si. adapun tema yang di emban adalah “Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum Pertanahan” (Pendaftaran Tanah Pertama Kali).

Pusdi Agrataru UNB tergerak dan berinisiatif melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, dalam hal ini memandang perlu bahwa Kecamatan Cibungbulang merupakan wilayah yang sangat potensial terealisasi adanya rencana pemekaran wilayah Kabupaten Bogor Barat yang memungkinkan bakal munculnya permasalahan terkait pertanahan, Sudah barang tentu sebagai penyelenggara pemerintahan selain minimnya wawasan masyarakat dan aparatur juga berdampak pada terhambatnya penyelesaian pembangunan.
Atas dasar inilah Pusdi Agrataru UNB membawa misi untuk memberikan penguatan pengetahuan dan wawasan terkait hukum pertanahan,sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan keberadaan Universitas Nusa Bangsa di kota Bogor dengan visi kedepan setelah di kenal maka di harapkan banyaknya anak murid lulusan SLTA/SMK melanjutkan studinya di Kampus UNB. . “Kami sangat menyambut baik kegitan pengabdian masyarakat oleh Pusat Studi Agraria dan Tata Ruang Universitas Nusa Bangsa” tutur Camat Cibungbulang dalam sambutannya.

Selanjutnya beliau berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus menerus dilakukan sehingga dapat membuka ruang diskusi yang seluas-luasnya bagi masyarakat dan penyelenggara pemerintahan dalam rangka penyelesaian beberapa kasus yang ada terkait pertanahan. Permasalahan pertanahan kerap kali terjadi karena minim dan lemahnya administrasi pertanahan/agraria di tingkat desa dan masyarakat. Selain itu,ungkap AGUNG SURAHMAN ALI, S.STP, MM, di Kecamatan Cibungbulang ada beberapa desa yang juga merupakan lokasi dalam pelaksanaan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sehingga berpotensi terjadinya berbagai permasalahan dalam pelaksanaannya.

Dalam sessi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi tentang pendaftaran tanah pertama kali yang dibawakan oleh Nara sumber Pusdi Agrataru bersama tim,

Beberapa materi yang terhimpun di paparkan dimulai dari apa yang dimaksud pendaftaran tanah pertama kali, proses dan prosedur pendaftaran tanah, serta pelaksanaan pendaftaran tanah. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan berbagai kasus yang terkait dalam pelaksanaan pendaftaran tanah serta konsekuensi hukum yang terjadi. Bagaikan Setali tiga uang dengan Camat, para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan Applause dari yang hadir.

Selanjutnya sessi ketiga berikan dalam bentuk; Dialog, Diskusi dan Tanya Jawab. Begitu banyaknya pertanyaan disampaikan oleh Para Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kasi pemdes yang mewakili masyarakat sangat berharap mendapatkan edukasi dan pencerahan yang dirasakan selama ini terpendam tak bisa terungkapkan. Adapun secara implisit semua para kades itu tahu tentang program pemerintah baik secara rutin maupun sistematis yakni mulai dari masalah status surat tanah, proses pedaftaran tanah, sengketa terkait hak pewarisan,hibah dan jual beli, konflik batas-batas bidang tanah, hingga permasalahan pada pelaksanaan program PTSL.ungkap MARDIMAN, selaku Ketua Paguyuban Para Kepala Desa se Kecamatan Cibungbulang purnawirawan TNI,/Anggota Koramil sekaligus merangkap Kepala Desa Giri Mulya.begitu pula di sampaikan SUBHAN, SIP, Kades Situ Ilir,beliau berharap tindak selanjutnya,”Pusdi Agrataru UNB membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh kalangan yang ingin berdiskusi baik secara langsung maupun daring (Zoom Meeting)” Pada kesempatan Diskusi dan Tanya Jawab ini sangat menarik perhatian bagi seluruh peserta yang hadir dan dari berbagai pertanyaan mendapatkan jawaban sangat memuaskan. Ucapan Terima kasih tak terhinga juga di sampaikan kepada Sdr.Erick, SE sebagai penghubung Pusdi Agrataru-UNB bersama Camat Cibungbulang, besar harapan kami semoga Ilmu dan Pengetahuan yang telah di berikan bisa bermanfaaf bagi masyarakat di Kecamatan Cibungbulang khususnya dan Masyarakat Kabupaten Bogor pada Umumnya. (ali rachman/dwi agus).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *