Kuliah Umum dengan Tema “Penelusuran Informasi dalam Penulisan Ilmiah”

unb.ac.id. Bogor-Kegiatan kuliah Umum Mata Kuliah Metodologi Penelitian dilaksanakan dengan tema “Penelusuran Informasi dalam Penulisan Ilmiah”. Kuliah ini diselanggarakan secara online pada tanggal 16 juni 2022 dengan melibatkan narasumber Fahimah S.Sos beliau adalah Pustakawan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dengan moderator Messalina L Salampessy.S.Hut.M.Si.  sekaligus merupakan salah satu tim pengajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian di Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa (UNB) serta didukung oleh host mahasiswa peserta mata kuliah, Azi Gunawan.

Kuliah umum ini dihadiri mahasiswa peserta kuliah M.K. Metodologi Penelitian Fakultas Kehutanan UNB dan juga oleh mahasiswa peserta kuliah MK Metodologi Penelitian dari Jurusan kehutanan Fakultas Pertanian Universitas  Pattimura Ambon berjumlah 60 mahasiswa. Dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Kehutanan UNB, Dr.Luluk Setyaningsih.S.Hut.M.Si yang memberikan sambutan pembuka bagi kuliah ini dan serta hadir ketua Jurusan Kehutanan Univ Pattimura Ambon, Dr. Marthina Tjoa.S.Hut.M.Sc. serta bapak ibu dosen UNB.

Narasumber memaparkan tentang 3 hal penting dalam penelusuran informasi dalam penulisan ilmiah antara lain:
1). Mengapa penelusuran informasi penting?
Dalam tangung jawab sebagai mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah baik skripsi, tesis dan desertasi serta karya ilmiah lainnya, maka kita sangat memerlukan informasi untuk mendukung data tersebut dan perlu mengetahui sejauh mana topik kita itu berkembang. Untuk itu diperlukan penelusuran informasi. Batasan penelusuran juga diatur karena informasi yang legal penting untuk integritas akademik kita.
2). Penelusuran informasi dengan akses terbuka.
Selain memanfaatkan akses dengan berlangganan jurnal ilmiah oleh masing-masing universitas, maka mahasiswa dapat juga memanfaatkan open access  dengan mengunjungi website seperti DOAJ, IOS (Indonesia One Search), e-resources Perpusnas dan www.tandfonline.com/openaccess.
3). Memanfaatkan tools penelusuran Informasi.
Pengunaan keyword yang tepat juga sangat membantu kita dalam penelusuran informasi. Tips membuat keyword yang baik adalah dengan mengunakan kata kunci topik dengan arti yang lebih sempit, arti yang lebih luas, arti yang berhubungan, sinonim atau aspek yang terkait. Untuk tools penelusuran kita dapat menggunakan Google Scholar, Sematic Scholar dan Connected Paper. Narasumber turut mempraktikkan cara bagaimana mengakses informasi open access dan memanfaatkan tools penelusuran.
Intinya mahasiswa perlu mempraktikkan apa yang telah disampaikan dan gunakan sumber daya yang ada ini dengan maksimal sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah dengan baik dan berkualitas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.