Universitas Nusa Bangsa Gelar Workshop Penulisan Berita

Unb.ac.id-Bogor. Pada tanggal 4/6 Universitas Nusa Bangsa (UNB) menggelar Pelatihan Penulisan Berita. Dilakukan secara daring acara ini menghadirkan narasumber Kepala Humas IPB University. Acara dibuka oleh Rektor UNB, Dr. Ir. Yunus Arifien, M.Si, serta diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari dosen, pegawai, dan mahasiswa ini digelar dalam rangka memberikan pembekalan kepada sivitas akademika UNB agar mereka nantinya aktif berkontribusi dalam menggaungkan nama UNB di tengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Humas IPB University, Siti Nuryati, STP., M.Si. mengatakan bahwa menulis berita itu mudah. “Menulis itu mudah. Kalau biasanya kita berbicara, maka menulis adalah memindahkan apa yang kita bicarakan diubah menjadi bentuk tulisan, “ungkapnya di hadapan peserta yang tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Lebih lanjut Nuryati menjelaskan bahwa beberapa hal yang bisa diberitakan untuk mempromosikan UNB adalah kepakaran/inovasi, kegiatan riset, pengabdian masyarakat, prestasi, Event Webinar, Workshop dan lain-lain. Berdasarkan kegiatan tersebut, ada dua jenis tulisan yang dapat diberitakan yaitu laporan pandangan mata dan berita mendalam. Laporan pandangan mata merupakan berita berdasarkan berbagai hal yang dilihat secara langsung dan dituangkan dalam kalimat dengan menggunakan rumus 5W+1H yaitu what, who, when, where, why, how. Sedangkan berita mendalam penulis dapat menekankan isi berita pada why (mengapa peristiwa terjadi) dan how (bagaimana peristiwa itu terjadi). “Berita mendalam cocok untuk tulisan yang mengurai hasil riset/profil/prestasi yang tidak terikat waktu dan tempat” kata Nuryati. Selain itu, Nuryati menguraikan beberapa contoh penulisan berita untuk memudahkan peserta dalam memahami cara menulis berita. “Teruslah berlatih, dengan berlatih kemampuan menulis anda akan meningkat, serta minta orang lain atau rekan anda untuk membaca tulisan anda agar mengetahui kekurangannya,” jelas Nuryati.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.