Yayasan PKMK Nusantara Genap 40 Tahun Berkarya untuk Nusa dan Bangsa Indonesia

unb.ac.id. Bogor – Yayasan Pengembangan Keterampilan dan Mutu Kehidupan (PKMK) Nusantara, genap berusia 40 tahun pada tanggal 20 Mei 1982.

Diusianya yang ke-40 Yayasan PKMK terus berbuat untuk masyarakat. Pada saat awal-awal berdiri,  Yayasan PKMK lebih fokus pada peningkatan keterampilan seperti kursus bahasa, Baby sitter, Pembantu Rumah tangga/TKW, menjahit dan mengetik. “Di Temanggung melakukan pendampingan masyarakat petani, penyiaran Radio Persada/wisma nusantara dan penggaduhan domba,” kata Ketua Yayasan PKMK Nusantara, Ir. Doddy Imron Cholid, M.S, dalam sambutannya saat menghadiri peringatan HUT ke-40 Yayasan PKMK, di Bogor, Sabtu (14/5/2022).

Selanjutnya tahun 1986 Yayasan PKMK Nusantara mendirikan Universitas Nusa Bangsa (UNB), dan  tahun 1998 mendirikan SMK Analis Kimia, selanjutnya mendirikan SMA Nusa Bangsa. “Pada tahun 2009 berdiri SMK Nusa Bangsa Jampang sampai sekarang. SMK JBS Temanggung pada awalnya bekerja sama dengan Yayasan Bina Bakti yang telah mempunyai SMP Bina Bakti yang didirikan  pada tahun 1970, kemudian dihibahkan ke Yayasan  PKMK Nusantara untuk SMK OTOMOTIF dan direnovasi pada tahun 2006,” ujar Ir. Doddy.

Menurut Ir. Doddy kondisi yayasan saat alhamdulillah terus berkembang dan konsisten untuk turut serta dalam meningkatkan keterampilan dan peningkatan sumberdaya manusia “Sampai saat ini yayasan memikili tenaga sebanyak 225 orang sebagian besar Dosen dan guru yang bekerja dengan ikhlas jika dibandingkan dengan penghasilannya. Dan yayasan ini telah meluluskan atau mewisuda S2, S1 dan siswa SMK sebanyak 6.481 orang,” jelas Ir. Doddy.

Dalam sambutannya, Ir. Doddy juga menjelaskan prestasi unit kegiatan seperti SMK Analis Kimia (Akreditasi A) langganan juara Karya Ilmiah tingkat internasional sejak 2019 sampai sekarang, alumninya 70% bekerja di farmasi dan pabrik, sisanya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Selanjutnya UNB, melakukan berbagai inovasi riset. Seperti talas Febi yang rendah oxalat, mi dari Porang, lilin aroma terapi dari pala, sabun dari kulit manggis, vertikultur, dan mikoriza, serta melakukan kerja sama dengan berbagai universitas di dalam dan luar negeri, seperti Jepang, Korea dan Malaysia, serta Kementerian LHK dan PT Antam. SMK Nusa Bangsa Jampang, lulusannya sudah bisa merakit komputer, ke depan bisa membuat komputer sendiri, sedangkan SMK JBS Temanggung lulusannya mampu bongkar pasang kendaraan,” jelas Ir. Doddy.

Adapun rencana pengembangan ke depan Pengurus Yayasan ingin seluruh aset Yayasan mempunyai sertifikat. Pembangunan gedung Auditorium UNB dan ruang kuliah 6 lantai. Membuka Politeknik/Vokasi Teknologi Informatika, antara lain jurusan Mekatronika (Robotik), Sistem Informasi Geografi, dan Teknologi Informasi. Mengembangkan SMK Temanggung menjadi SMK dengan konsentrasi mobil listrik. Mengoptimalkan Pusat Studi Agrataru (Agraria dan Tata Ruang) dan bantuan hukum, karena kita mempunyai SDM yang berpengalaman.

Sedangkan untuk pengembangan Wisma Griya Nusa Bangsa, Ir. Doddy mengungkapkan, telah membangun mushola, serta 13 kamar yang bisa dipakai untuk mahasiswa atau siswa SMK,“Dan juga bisa dipakai untuk rapat atau FGD karena kami sudah membangun dua ruang rapat yang cukup representatif untuk kegiatan rapat,” terang Ir. Doddy. (Ali R/pas)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.