KONFERENSI NASIONAL LUAR BIASA SYLVA INDONESIA 2022-2024

Kota Palopo 21 s/d 27 Maret 2022
Konferensi Nasional Luar Biasa Sylva Indonesia (KNLBSI) yang bertemakan “Rekonstruksi Arah Sylva Indonesia” dilaksanakan di Universitas Andi Djema Kota Palopo, Sulawesi Selatan pada tanggal 21 s/d 27 Maret 2022. KNLBSI ini diikuti sekitar 200 Mahasiswa dari 47 perguruan tinggi di Indonesia yang tergabung dalam Tubuh Sylva Indonesia, salah satunya yaitu Sylva “Universitas Nusa Bangsa”. Acara ini juga merupakan rangkaian dari agenda wajib dari kegiatan Sylva Indonesia, berdiskusi membahas seputar lingkungan hidup, kehutanan Indonesia dan aksi keprofesian seorang rimbawan.
Kegiatan yang diselenggarakan selama satu minggu tersebut di isi dengan serangkaian kegiatan yaitu Seminar Nasional, Sidang KNLBSI, Family Camp, Penanaman dan Malam Sylva Ria. Pada hari pertama tepatnya tanggal 21 maret 2022 dilaksanakannya kegiatan Seminar Nasional bertemakan “Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan dalam agenda G20” di Gedung Saodanrae Convention Center Palopo.
Dilanjutkan dengan Sidang KNBLSI pada tanggal 22 s/d 25 Maret 2022 di Hotel Horas, Kota Palopo yang di dalamnya berisi pembahasan dan penetapan AD/ART Pemaparan Lpj dari Sekjend Sylva Indonesia dan Dewan perwakilan Sylva Indonesia, dilanjutkan dengan pemilihan Sekjend dan Dewan Perwakilan Sylva Indonesia serta Koordinasi Forum Regional periode 2022-2024. Hasil dari Konferensi Nasional Luar Biasa Sylva Indonesia (KNLBSI) terpilih Sekjend Sylva Indonesia yaitu M. Iqbal Amran dari Instiper Yogyakarta dan Dewan Perwakilan Sylva Indoensia yang terpilih yaitu Ichal Aprianda S. dari Unram Mataram, M Nouval R dari Universitas Nusa Bangsa mencalonkan diri untuk menjadi Koordinasi Forum Regional III Wilayah Jawa Barat dan terpilih untuk kepengurusan masa periode 2022 – 2024.
Setelah itu dilanjukan dengan agenda Family Camp, Penanaman dan Malam Sylva Ria yang dilakaksanakan pada tanggal 26 – 27 Maret 2022 di Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan. Ini bertujuan untuk memperlihatkan beberapa spot wisata alam dan kearifan lokal yang ada di Tanah Luwu. Melahirkan kesadaran dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon.
27 Maret 2022, Malam Sylva Ria menjadi penutup dalam rangkaian kegiatan KNLBSI. Untuk mempererat kekerabatan dan penanaman harapan – harapan positif Sylvais untuk keberlangsungan generasi dan hutan yang lestari. Acara ini dilangsungkan di lapangan terbuka, tertuang dalam kegiatan camping ground.
Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat mempererat tali persaudaraan antara rimbawan se-Indonesia, melahirkan pemimpin yang tertanggung jawab dan mengaktualisasikan Nilai Dasar Rimbawan untuk mewujudkan cirta-cita Bangsa Indonesia.

Delegasi KNLBSI Pc. Universitas Nusa Bangsa. 1. Siti Nurhayati Putri, 2. M. Nouval Ramadiansyah, 3. Siti Rosdiana

Sekjend Sylva Indonesia, M. Iqbal Amran dari Instiper Yogyakarta

Dewan Perwakilan Sylva Indonesia, Ichal Aprianda S dari Universitas Mataram

Koordinator Forum Regional III Wilayah Jawa Barat, M. Nouval Ramadiansyah dari Universitas Nusa Bangsa.

Foto Bersama seluruh Sylva se- Indonesia.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.