UNB Edukasi Masyarakat Situ Gede Penelitian Talas Varietas Baru

Bogor, Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Nusa Bangsa mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran kelompok wanita tani (KWT) Sawargi, Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor, Senin (20/12/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Situ Gede Kartini Wulandari, Ketua KWT dan anggota KWT yang juga Tim Penggerak PKK Kelurahan Situ Gede, serta beberapa dosen dan mahasiswa UNB  yaitu Febi Nurilmala, Lany Nurhayati, I.G.A Manik, Nurlela, Nina Ariesta, Mia Azizah, Rohmatul Uzmi dan Ananda Putri.

Kegiatan diawali dengan pembukaan sekaligus proses penyerahan bibit tanaman talas varietas febi521 secara simbolis dari Dekan FMIPA UNB, Lany Nurhayati kepada Lurah Situ Gede.
Kemudian dilanjutkan dengan presentasi terkait pemanfaatan tanaman talas varietas baru (Febi521) dan kandungan yang terdapat pada tanaman talas dari bidang kimia.
Saat ini produk hasil olahan talas menjadi salah satu ikon Kota Bogor, UNB khususnya Fakultas MIPA telah memiliki peneliti yang berkonsentrasi di bidang penelitian talas hingga menemukan talas varietas baru  (Febi521).

Menurut Febi Nurilmala selaku ketua pelaksana kegiatan dalam paparannya menyampaikan, kelebihan talas Varietas Febi521 dibandingkan talas yang lain yaitu rendahnya kandungan kristal kalsium oksalat penyebab gatal pada talas.

“Dengan adanya keunggulan tersebut maka perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengolah produk olahan dari talas, salah satunya dari tepung talas,” ujar Febi.

Dijelaskannya, kegiatan pengabdian ini merupakan penerapan hasil penelitian dan purwarupa dosen dan mahasiswa UNB dengan dukungan Ditjen Diktiristek Tahun 2021.
Kegiatan yang menyertakan mahasiswa ini juga dilakukan untuk melatih menambah kemampuan  dalam bermasyarakat, berkomunikasi dan  berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar.
Kedepannya, lanjut Febi kegiatan serupa akan terus digencarkan untuk memberikan edukasi dan informasi terkait kegiatan pangan lokal.
Sementara itu, dalam sambutannya, Lurah Situ gede, Kartini Wulandari mengungkapkan rasa terimakasih kepada tim PKM UNB karena bersedia memberikan edukasi kepada masyarakat di Kelurahan Situ Gede, khususnya dalam bidang pengolahan Talas.

“Kedepannya kegiatan edukassi ini dapat diimplementasikan oleh tim KWT sehingga dapat meningkatkan roda perekenomian masyarakat khususnya yang terdampak pasca pandemic Covid-19,”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.