Tim Dosen FMIPA UNB Lakukan Pengabdian Masyarakat di Sentra Produksi Tahu Parung

Bogor, Kampung Iwul, Desa Bojong Sempu, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor merupakan desa sentra produksi tahu dengan pelaku usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Produk tahu ini menjadi produk andalan Kecamatan Parung disamping ikan air tawar dan ikan hias. UMKM tahu telah ada berpuluh-puluh tahun yang lalu secara turun temurun.

Sebelum tahun 2000-an terdapat sekitar 300 pengrajin tahu, dan jumlahnya terus menurun hingga sekarang yang ada sekitar 180an pengrajin.
Faktor penyebab yang paling dominan mereka beralih profesi adalah karena mahalnya harga kedelai serta belum adanya instalansi pengolahan air limbah (IPAL) sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan.

Berdasarkan hal tersebut maka Tim Dosen FMIPA yang beranggotakan Mamay Maslahat, Srikandi, Nia Yuliani dan Dian Arrisujaya melakukan pengabdian masyarakat di lokasi sentra produksi tahu tersebut pada Minggu 19 Desember 2021 yang diikuti oleh 30 pengrajin tahu, 14 orang di antaranya adalah pemilik pabrik tahu.
Para pengrajin tahu ini tersebar di dua Rukun Tetangga (RT) yaitu RT 01 dan RT 03 Rukun Warga (RW) 03 Kampung Iwul Desa Bojong-Sempu Parung.
Pengabdian berupa pemberian penyuluhan tentang mutu dan keamanan pangan; sanitasi lingkungan pabrik; dan pengolahan limbah cair produksi tahu dengan menggunakan arang aktif tandan kosong kelapa sawit (Arif-Takosa) dan demonstrasi cara pengolahan limbah cair tahu tersebut dengan Arif-Takosa.

Menurut Mamay Maslahat selaku ketua Tim Dosen FMIPA, Arif-Takosa merupakan produk inovatif hasil penelitian Fakultas MIPA UNB yang telah terbukti memiliki kualitas arang aktif sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), dan telah berhasil mampu mengabsorpsi amonia pada limbah cair tahu.

Pengabdian masyarakat ini terselenggara menggunakan bantuan pendanaan program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS Direktorat Jenderal DIKTIRISTEK tahun anggaran 2021.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.