Kelola Pascapanen TOGA, Tim Dosen Fakultas Pertanian UNB Berikan Pelatihan Inovasi Teknologi

Bogor 20/12/2021, Dosen Fakultas Pertanian UNB (Universitas Nusa Bangsa) berikan pelatihan Inovasi teknologi pascapanen dan digital marketing kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Puspa Sari Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat dalam rangka memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi dengan menggunakan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021.

Tim pengusul dalam bantuan ini terdiri dari dosen UNB yang diketuai oleh Anna Fitriani (Prodi Ekonomi Pembangunan) anggota Asmanur Jannah (Prodi Agroteknologi), Sari Anggarawati (prodi Agribisnis), Agista Rosiana (Prodi Agribisnis), dan mahasiswa Putri Reska Febriyanti (Prodi Agroteknologi), Muhamad Shidan Nur Alliyin (Prodi Agribisnis) dan Aldiansyah (Prodi Agroteknologi).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakkat (PKM) ini dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa UNB kepada mitra yaitu KWT Puspa Sari Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kegiatan PKM yang dilakukan diantaranya pelatihan pembuatan kompos organik berasal dari limbah tanaman obat keluarga (TOGA), pelatihan inovasi teknologi pascpanen TOGA, pelatihan digital marketing serta serah terima alat dan mesin untuk pembuatan kompos dan pascapanen produk olahan TOGA.
Ketua Tim PKM, Anna Fitriani menjelaskan, kegiatan pelatihan inovasi teknologi pascapanen dan digital marketing ini dibutuhkan oleh KWT Puspa Sari, karena berdasarkan diskusi dan penelitian sebelumnya KWT membutuhkan teknik pengolahan pascapanen TOGA dan peralatan pembuatan kompos berbasis limbah pertanian.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membantu KWT dalam mengelola pascapanen TOGA untuk meningkatkan nilai tambahnya sehingga nilai jualnya tinggi dan mendapatkan keuntungan untuk mendukung kegiatan KWT selanjutnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Pertanian UNB, Sari Anggarawati, menuturkan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan anggota dan pengurus KWT Puspa Sari serta adanya keberlanjutan dari program ini.

“Kami berharap kegiatan pengabdian melalui pelatihan teknologi pascapanen dan digital marketing ini dapat berlanjut dengan kerjasama bidang penelitian dan pengabdian serta dapat dirasakan manfaatnya oleh mitra dan masyarakat secara umum,” tuturnya.

Hj. Elin Darlina selaku Ketua KWT Puspa Sari menjelaskan bahwa selama ini KWT memang membutuhkan keterampilan dan alat dalam mengelola limbah pertanian dan pengolahan produk TOGA serta pemasarannya.

“Kami Berterima kasih kepada Tim PKM UNB atas pelatihan dan bantuan alat yang diberikan, semoga dengan adanya kegiatan ini KWT Puspa Sari dapat meningkatkan pengelolaan pascpanen Toga dan produk TOGA KWT Puspa Sari dapat dikenal lebih luas,”

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.