Sosialisasi Pengembangan Usaha Budidaya Lebah Madu Terintegrasi Dengan Kebun Jambu Kristal Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Desa Bantarsari

Bogor-Mahasiswa Universitas Nusa Bangsa (UNB) Bogor yang tergabung dalam tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PHP2D) telah melakukan pendampingan pada petani jambu kristal di Desa Bantarsari pada tanggal 20 Agustus 2021. Program yang akan dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Nusa Bangsa ini mengenai Pengembangan Usaha Budidaya Lebah Madu Terintegrasi Dengan Kebun Jambu Kristal Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Desa Bantarsari.

Kegiatan ini diikuti oleh elemen desa mulai dari, pemuda dan pemudi karang taruna hingga para petani. Para mahasiswa Universitas Nusa Bangsa memiliki misi dan visi yang ingin capai yaitu para petani dapat menerapakan pertanian ramah lingkungan, dengan pengimplementasian  integrasi lebah selaku penyerbuk dengan kebun jambu kristal. Adanya pengintegrasian ini, diharapkan kebun jambu kristal mampu meningkatkan produktivitasnya dan juga substainable/berkelanjutan.

“Kegiatan ini tentunya berpotensi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa bantarsari, selain menjadi kebun ramah lingkungan, hasil akhir dari pengintegrasian lebah ini dapat menjadi suatu objek Agroeduwisata yang bermanfaat bagi ekonomi desa,” ujar  Ali selaku Kepala pengembangan Masyarakat Desa.

Banyak hal positif yang diperoleh dalam kegiatan pengintegrasian ini. Selain kebun menjadi lebih subur, madu yang dihasilkan lebah dapat menjadi tambahan komoditas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijual dengan harga tinggi.

Adanya pendampingan ini, diharapkan para petani jambu kristal di Desa Bantarsari dapat lebih memperhatikan sumber daya alam dengan menerapkan pertanian ramah lingkungan. Selain itu, para petani atau masyarakat di Desa Bantarsari mampu mengembangkan pengintegrasian kebun dengan lebah ini menjadi suatu agroeduwisata yang menyenangkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *