KKNT 2021 “Bina Masyarakat Mekarmukti Kendalikan Penyebaran Covid-19”

Universitas Nusa Bangsa melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) pada Tahun Akademik 2021/2022, yang diikuti oleh 139 peserta dan terbagi dalam 14 kelompok, tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, serta Kabupaten Bekasi. KKNT tersebut mengusung tema “Edukasi dan Literasi Perubahan Perilaku Masyarakat untuk Pengendalian COVID-19”. Kelompok 10 yang beranggotakan mahasiswa UNB merupakan peserta KKNT T.A. 2020/2021 dan berkegiatan di wilayah Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Kegiatan awal kelompok 10 dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Agustus 2021. Agenda temu kenal perangkat Desa Mekarmukti di kantor desa setempat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga orang perwakilan kelompok 10, Kepala Desa, salah satu tim Satgas Desa Mekarmukti, perwakilan ibu PKK, dan Ketua Karang Taruna. Kegiatan ini bertujuan untuk memohon izin mengadakan KKNT di Desa Mekarmukti, serta izin masuk ke dalam Whatsapp Grup atau media sosial lain yang dimiliki perangkat desa guna mensukseskan acara KKNT secara daring. Jumat, 03 September 2021, kelompok memasang banner yang berisi himbauan untuk tidak lupa memakai masker dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pemasangan banner tersebut dilakukan secara luring terbatas oleh dua orang perwakilan kelompok 10 yang bekerja sama dengan warga desa setempat. Pada hari Jumat tanggal 10 September 2021, kelompok membuat dan menyebarkan informasi di media sosial tentang zonasi status daerah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cikarang Utara. Hal tersebut merupakan wujud sosialisasi/update terhadap penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cikarang Utara.

Minggu, 12 September 2021, kelompok membuat dan menyebarkan profil Desa Mekarmukti ke sosial media khususnya di laman Youtube kelompok 10. Kegiatan online tersebut, dilakukan sebagai wujud memperkenalkan ke khalayak umum perihal gambaran umum dan potensi Desa Mekarmukti Cikarang Utara. Rabu, 15 September 2021, kelompok 10 membuat video tutorial pembuatan jamu serbuk dan menyebarkannya di sosial media. Video tersebut dibuat berdasarkan infromasi dari perwakilan ibu PKK, bahwa banyak tanaman apotik hidup di Desa Mekarmukti namun tidak termanfaatkan dengan optimal dan tidak bernilai jual tinggi. Harapan kelompok 10 dari video tersebut adalah warga desa yang terdampak pandemi Covid-19, bisa membudidayakan tanaman apotik hidup seperti jahe dan kunyit, kemudian dijadikan produk jamu serbuk ataupun jamu siap minum. Hal tersebut tentu bisa memberikan keuntungan dari sisi ekonomi dan manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama pandemi Covid-19.

Minggu, 19 September 2021, kelompok 10 membuat edukasi tentang bimbingan karir dan menyebarkannya di sosial media. Video tersebut terdiri dari tiga sesi, yang berisi tips dan trik agar mudah diterima oleh pemberi kerja. Video tersebut dibuat berdasarkan infromasi dari Ketua Karang Taruna bahwa selama pandemi Covid-19, persaingan dunia kerja maupun dunia enterpreneur semakin ketat. Video ini sebagai wujud edukasi kelompok 10 secara online warga Desa Mekarmukti agar bisa sukses perekonomian selama dan sesudah pandemi Covid-19. Kamis, 30 September 2021, kelompok 10 mempersiapkan bingkisan kenang-kenangan untuk warga Desa Mekarmukti yang akan diserahkan pada saat penutupan KKNT tanggal 02 Oktober 2021. Bingkisan tersebut berisi masker, sabun cuci tangan, dan  jamu serbuk. Bapak Agus Prana Mulia, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan “Semoga kegiatan KKNT yang dilakukan sebagian besar secara daring, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan pentingnya vaksin mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir”.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *