UNB Melakukan Supervisi atas Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Flora Fauna di Area Reklamasi PT Antam Tbk UBPE Pongkor

Bogor-Kamis, 30 September 2021, Tim supervisi dari Universitas Nusa Bangsa (UNB) mengadakan supervisi atas kegiatan Monitoring dan Evaluasi Flora Fauna di area reklamasi PT Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor. Supervisi tersebut telah dilakukan oleh tim UNB sejak 5 hari lalu.

Sejak 2017, UNB membantu PT Antam Tbk UBPE Pongkor melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap keanekaragaman hayati terestrial dan air, noktural dan deural, dari kelompok mamalia, aves, reptil, pohon dan tumbuhan bawah. Informasi kondisi keanekaragaman hayati yang terbaru sangat penting untuk dijadikan acuan dalam  konservasi dan pengembangan biodiversitas pada area tersebut.

Rombongan supervisi yang dikoordinir oleh Dekan Fakultas Kehutanan, Dr. Ir. Luluk Setyaningsih, M.Si., sekaligus sebagai Ketua Tim Monev Flora Fauna, bersama  Rektor UNB, Dr. Ir. Yunus Arifien, M.Si., Wakil Rektor I, Dekan Fakultas Pertanian, dan Ketua LP2M UNB, berkesempatan menengok beberapa lokasi untuk pengamatan biodiversitas.

Sebelum meninjau lapangan, tim supervisi diterima dengan sangat baik oleh General Manager (GM) Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor, Bapak Muhidin, yang didampingi oleh Bapak Syaiful Habib (Head of Health, Safety and Environment Bureau).

Rektor UNB menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaan serta kerja sama PT Antam Tbk UBPE Pongkor dengan UNB. Rektor juga menyampaikan selamat atas capaian PT Antam Tbk UBPE Pongkor memperoleh penghargaan Aditama (predikat Emas) untuk katagori aspek Perlindungan Lingkungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

GM PT Antam Tbk UBPE Pongkor menyampaikan puas serta senang dengan kerja sama yang terjalin selama ini dengan UNB, khususnya dalam kegiatan rutin monev flora fauna. GM sangat mengapresiasi beberapa hasil penelitian yang dilakukan UNB di kawasan PT Antam Tbk Pongkor, bahkan telah mendapatkan paten atas produk dan metode yang dikembangkan.

Setelah menyimak safety induction yang disampaikan PT Antam Tbk, tim surpervisi melanjutkan kunjungan ke lokasi pengamatan biodiversitas di terowongan Gudang Handak dan Ciguha River yang dikembangkan oleh Pak Wily, local hero (eks gurandil) Kampung Ciguha.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.