PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NUSA BANGSA

Bogor-Program Pascasarjana Universitas Nusa Bangsa (UNB) pada tanggal 11 September 2021 melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Program Studi Magister Ekonomi Pembangunan. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan informasi mengenai kampus, organisasi, serta akademik Program Pascasarjana khususnya Program Studi Magister Ekonomi Pembangunan. Mahasiswa baru Program Pascasarjana UNB tahun akademik 2021/2022 berjumlah 13 orang, berasal dari instansi pemerintahan Kota Bogor, lembaga konsultan, serta Badan Pertanahan Nasional. Acara dihadiri Ketua Yayasan PKMK Nusantara, Ir. Doddy Imron Cholid, M.S.,  Rektor UNB, Dr. Ir. Yunus Arifien, M.Si,  Direktur Program Pascasarjana, Dr. Ir. James Sinurat, MURP., Kaprodi Ekonomi Pembangunan, Dr. Ir. Faizal Maad, M.Si., para dosen, dan alumni yang ikut memberikan pengalamannya mengenai studi di Program Pascasarjana UNB. Acara diawali dengan sambutan oleh Direktur Program Pascasarjana, yang menekankan pentingnya program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru, sehingga semua civitas akademika memiliki informasi yang sama cukup mengenai  Program Pascasarjana dan Program Studi Ekonomi Pembangunan, beserta penyelenggaraan akademik.

Selanjutnya Rektor UNB dalam sambutan menekankan, mahasiswa baru harus,  memiliki tekad dan target untuk dapat menyelesaikan masa studi tepat waktu dengan menyiapkan diri dalam kegiatan perkuliahan dan menyelesaikan tugas-tugas, menyiapkan proposal penelitian dan tesis dalam waktu yang seefektif mungkin. Para mahasiswa diminta bekerja sama dan melakukan komunikasi yang efektif dengan pengelola Program Pascasarjana, program studi, para dosen, dan tenaga kependidikan. Diharapkan pengelola memberikan sambutan dan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa, sehingga mereka tidak mengalami hambatan dalam mengikuti studi. Demikian juga Ketua Yayasan PKMK Nusantara, menekankan bahwa para pegawai, baik di lingkungan kota dan Kabupaten Bogor, serta instansi lainnya telah memberikan pilihan yang tepat pada Program Pascasarjana UNB sebagai  lembaga pendidikan  yang tepat  untuk melanjutkan studi. Program Pascasarjana memiliki sumber daya yang cukup dan lokasi strategis, untuk itu mahasiswa diharapkan memiliki keyakinan bahwa studi di UNB  dapat diselesaikan  dalam waktu singkat, diharapkan paling lama 4 semester ( 2 tahun) sudah selesai, jangan takut,   percaya dirilah  bahwa anda semua memiliki kemampuan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian singkat tentang pengalaman mengikuti studi di UNB antara lain oleh alumni Dollmart Ichtiar, S.E.,M.E yang  saat ini sedang melanjutkan program doktor. Bersangkutan menjelaskan bahwa selama mengikuti pendidikan di  Program Pascasarjana UNB, mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang cukup berguna baik dalam menjalankan tugas pokok sehari-hari di lembaga konsultan yang membuat perencanaan. Hasil studi juga sangat berguna ketika memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut S3.  Pengalaman yang sama juga disampaikan oleh Bapak Kemal Idris, S.E., M.E sebagai Direktur Bank Jabar Banten yang mengungkapkan  bahwa dengan kesungguhan dan komitmen yang kuat dalam mengikuti studi,  berbagai ilmu yang sudah diperoleh di Program Pascasarjana UNB sangat berguna dan mendukung dalam karir dan penyelenggaraan tugas sehari-hari. Pengalaman yang sama juga disebutkan oleh Pak Saripudin,S.E;, M.E.,  yang bekerja di PT Antam, menyebutkan bahwa banyak ilmu yang bermanfaat dalam rangka mendukung tugas di tempat bekerja dan sekarang yang bersangkutan lanjutkan Program Doktor Manajemen. Terakhir yang baru lulus adalah  Andrian Hasis Widodo yang juga menyampaikan pengalamannya tentang studi di Program Pascasarjana. Perhatian dosen, tenaga kependidikan, dan pustakawan sangat baik, berbagai keperluan akademik dapat dipenuhi dan dapat memanfaatkan waktu mencari berbagai referensi di perpustakaan UNB. Demikian juga, para dosen, dosen pembimbing yang selalu membuka pintu untuk berkomunikasi sehingga berbagai hambatan dapat dikomunikasikan dan selesaikan, sehingga Andrian dapat menyelesaikan studi dalam jangka waktu 1 tahun 6 bulan.

Setelah menyampaikan pengalaman dari para alumni, dilanjutkan dengan pandangan dari mahasiswa baru dengan tanggapan cukup beragam. Pada intinya, mereka mendapatkan banyak informasi dan melihat Program Pascasarjana UNB sebagai lembaga yang tepat untuk dijadikan referensi melanjutkan studi jenjang Magister (S2). Mereka berharap dapat menyelesaikan pendidikan sebagaimana para senior yang sudah menyelesaikan pendidikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan penjelasan oleh Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan, terkait dengan kedudukan Program Pascasarjana di UNB, visi misi, dan Penjelasan mengenai penyelenggaraan akademik, meliputi landasan hukum, beban studi, lama studi,  kurikulum dan penyusunan roadmap penyelesaian studi selama 4 semester  di Program Pascasarjana UNB. Intinya adalah apabila mahasiwa mengikuti road map penyelesaian studi dengan tekun dan komitmen yang kuat maka studi di program pascasarjana ini dapat diselesaikan tepat waktu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.