Webinar kegiatan KKNT Universitas Nusa Bangsa Kelompok 3 dan 9 dengan Tema “Vaksinasi COVID-19 & Kiat Menjaga Pola Perilaku Hidup Sehat di Masa Pandemi”

Pandemi COVID-19 berdampak buruk secara langsung maupun tidak langsung pada semua aspek kehidupan masyarakat. Guna mengurangi dampak buruk khususnya dalam kesehatan, penggunaan vaksin merupakan salah satu cara untuk menangani COVID-19. Vaksin diberikan untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut. Pemerintah saat ini sudah memberikan vaksin kepada masyarakat, namun ada masyarakat yang masih enggan untuk divaksin terkait isu negatif vaksin yang beredar di media sosial. Selain vaksin, masih ada masyarakat yang belum jelas terkait perilaku hidup sehat selama pandemi COVID-19. Hal ini menunjukkan bahwa wawasan dan pengetahuan tantang vaksinasi dan pola perilaku hidup sehat di masyarakat belum tersebar merata.

Upaya mengedukasi masyarakat terkait vaksin dan pola hidup sehat, mahasiswa Universitas Nusa Bangsa dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT), telah melaksanakan webinar pada tanggal 02 April 2021 dengan judul “Vaksinasi COVID-19 & Kiat Menjaga Pola Perilaku Hidup Sehat di Masa Pandemi”. Acara ini terwujud atas kerja sama kelompok 3 dan kelompok 9 mahasiswa KKNT UNB 2021, dengan penanggung jawab acara Fauzi Nurseha, bimbingan DPL ibu Dyah Budibruri W. dan bapak Anak Agung Eka S. Kegiatan webinar diisi oleh narasumber yang kompeten antara lain Ir. Pandu Wardhana, M. M. (anggota sekretariat satuan tugas penanganan COVID-19) dan Yoris Dirgantara, S. E. (anggota satuan tugas penanganan COVID-19 Kota Bogor, bidang relawan).

Acara webinar dihadiri kurang lebih 45 orang yang terdiri dari masyarakat, tokoh masyarakat, dan mahasiswa Universitas Nusa Bangsa. Acara dimulai dengan pembukaan oleh host, lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua LPPM Universitas Nusa Bangsa bapak Dr. Ir. Zainal Muttaqin, M.P. yang menyampaikan bahwa kegiatan KKN di masa pandemi dilakukan secara daring dan kegiatan luring terbatas, namun tidak mengurangi komitmen dari Universitas Nusa Bangsa dalam menjalankan program pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh bapak Ir. Pandu Wardhana, M. M. dan Yoris Dirgantara, S. E. mengenai vaksin dan pola perilaku hidup sehat di masa pandemi COVID-19. Peserta memperoleh informasi tentang cara vaksin bekerja dalam tubuh, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum dan setelah vaksin. Pola hidup sehat yaitu jaga kesehatan gigi dan mulut, cuci hidung,  jaga jarak dan kontak fisik, jaga pola makan, gunakan masker, tetap optimis dan tenang, serta berolahraga. Antusiasme peserta relatif tinggi, tercermin dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta webinar, sehingga harus dijawab oleh narasumber secara kolektif. Acara ditutup dengan serah-terima sertifikat penghargaan kepada narasumber dan dilanjutkan dengan doa penutup.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *