PELATIHAN DRONE FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS NUSA BANGSA UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA

Universitas Nusa Bangsa, khususnya Fakultas Kehutanan menyelenggarakan pelatihan pengenalan dan pengoperasian drone pada tgl 2 & 4 April 2021. Alat drone adalah pesawat tanpa awak yang diawal keberadaannya lebih banyak digunakan untuk kegiatan militer, sekarang sudah banyak digunakan untuk tujuan lain. Diantaranya digunakan untuk pemetaan (mapping), videografi, deteksi hama dan penyakit tanaman, penyemprotan dan lain-lain. Seiring dengan meluasnya fungsi pemakaian drone dalam kegiatan dalam masyarakat mendorong Fakultas Kehutanan mengadakan pelatihan pengoperasian drone.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari yaitu hari jumat (2 April 2021) dan minggu (4 April 2021), dimana hari pertama dilakukan secara online yang membahas tentang pengenalan drone, pengoperasian drone dan flight plan. Pada sesi online ini diikuti oleh 46 peserta dari berbagai prodi di UNB, setiap peserta memperoleh E-sertifikat. Pada hari kedua hanya diikuti oleh 12 orang, hal ini dilakukan dengan seleksi dari peserta yang mengikuti sesi hari pertama. Pada hari kedua dilakukan praktik pengoperasian drone dan pengambilan data gambar yang dilakukan di Kebun Percobaan Universitas Nusa Bangsa, di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Setelah pengambilan gambar di lapangan, peserta lanjut kembali ke kampus untuk mengolah data. Sehingga peserta bisa mengolah gambar yang sudah diambil oleh drone dapat digabungkan menjadi satu foto udara yang menggambarkan kondisi Kebun Percobaan Universitas Nusa Bangsa, di Desa Cogreg.

  

Diakhir kegiatan dekan Fakultas Kehutanan, Dr. Luluk Setyaningsih berpesan bahwa pelatihan ini harus bisa ditindaklanjuti agar mahasiswa memiliki ketrampilan dalam mengoperasikan drone dan juga dapat mengolah data sampai pada analisis data sehingga dapat memperoleh informasi tentang potensi kawasan dengan akurat. Selanjutnya dekan Fakultas Kehutanan meminta kepada Ketua Prodi Kehutanan, Kustin Bintani Meiganati, S.Hut., M.Si agar dibentuk Komunitas Drone UNB agar mahasiswa dapat memperoleh wahana yang cukup untuk melatih ketrampilannya dalam pengoperasian drone.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *