Webinar KKN Tematik Universitas Nusa Bangsa Kelompok V dan Kelompok VI dengan tema “Gejala Awal & Vaksinasi COVID-19”

Bogor, 24 Maret 2021

Pandemi Novel Corona Virus (COVID-19) sampai saat ini belum juga berakhir sehingga berimbas pada aktivitas perkuliahan. Sebagaimana aktivitas kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2021 yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Nusa Bangsa yang seharusnya dilakukan dengan tatap muka langsung (luring) kini diharuskan berbasis online (daring). Adanya pembatasan kegiatan tersebut, tidak menutup kreativitas mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKNT secara daring.

Rabu tanggal 23 Maret 2021 telah dilaksanakannya kegiatan webinar yang mengusung tema “Gejala Awal & Vaksinasi COVID-19”. Webinar dilaksanakan oleh kelompok V dan kelompok VI yang dimana kegiatan tersebut merupakan agenda dari KKNT Tahun 2021 Universitas Nusa Bangsa. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 74 peserta dengan durasi waktu dua jam dan dengan pemilihan narasumber yang kompeten dibidangnya,selain itu peserta yang mengikuti webinar mendapatkan E-Sertifikat serta pengetahuan baru terkait Vaksinasi COVID-19 sehingga kegiatan tersebut berlangsung dengan penuh antusias dari para peserta yang hadir.

Acara dimulai dengan dibuka oleh MC dan dilanjutkan acara inti yang dipandu oleh moderator. Sambutan disampaikan langsung oleh Ketua LP2M Universitas Nusa Bangsa yaitu Dr. Ir. Zainal Muttaqin, MP dan dilanjutkan paparan materi terkait COVID-19 oleh Ns. Salim Hidayat, S.Kep selaku Koordinator COVID-19 & Koodinator Imunisasi Vaksin COVID-19 di Puskesmas Ciomas.

Acara selanjunya kisah pengalaman penyintas COVID-19 yaitu Raden Dede Fidaus, S.Sos (Ketua RW XIV Desa Pagelaran). Paparan materi terakhir disampaikanlangsung oleh Safitri Meidiani, SKM selaku Tenaga Promosi Kesehatan Puskesmas Ciomas, materi yang disampaikan yaitu tentang vaksinasi COVID-19.Pada paparan materi terkait Vaksinasi Covid-19, Sdri Safitri Meidiani menjelaskan bahwa “vaksin COVID-19 telah dilakukan sesuai standar keamanan & telah melewati uji klinis yang ketat oleh para ahli dan dinyatakan halal oleh MUI”. Dari pernyataan tersebut membuat para peserta terlihat sangat antusias terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang terdapat diroomchat padaaplikasi Zoom Cloud Meeting. Pertanyaan yang banyak dipertanyakan yaitu terkait vaksinasi COVID-19 diantaranya pertanyaan dari sdr Aromi yaitu terkait efek samping dari vaksin COVID-19 yang beredar di surat kabar dan media dapat meningkatkan vitalitas. Pertanyaan tersebut langsung dijawab secara singkat dan jelas oleh Sdri Safitri Meidiani bahwa “belum adanya penelitian dari segi medis terkait vaksin COVID-19 dapat meningkatkan vitalitas”.

Pertanyaan demi pertanyaan dari peserta banyak ditanyakan terkait vaksin COVID-19, sebagai pertanyaan pamungkas dari room chat terkait orang yang memiliki kolesterol atau hipertensi apakah dapat diberikan vaksin, Sdri Safitri Meidiani menjawab berdasarkan tahapan-tahapan vaksinasi. Tahapan pertama yaitu tahap di skrining yang dilakukan oleh dokter dan perawat yang terampil dengan mengetahui kondisi kesehatan orang yang akan di vaksin. Saat hipertensi di tensi tidak langsung ditolak untuk melakukan vaksinasi, namun ditunda diberikan dahulu terapi obat yang bertujuan untuk menormalkan tekanan darah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *