Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Nusa Bangsa TA. 2020/2021 (Kelompok 1)

Bogor – Universitas Nusa Bangsa melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) pada Tahun Akademik 2020/2021 yang diikuti oleh 90 peserta terbagi kedalam 9  kelompok, tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. Tema KKNT adalah Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengendalian Covid-19, kelompok 1 desa Cibadak Kecamatan Tanah sareal Kota Bogor pada hari Minggu 21 Maret 2021 mengadakan penyuluhan secara luring terbatas tentang pembuatan dan penggunaan hand sanitizer yang baik dan benar. Kegiatan penyuluhan dihadiri ketua RW dan  kader posyandu Dahlia RW 08, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Menurut ketua kelompok 1 KKNT Muhammad Rizky Prasetyo, kegiatan ini merupakan bagian rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di desa Cibadak, bertujuan mengedukasi masyarakat pentingnya selalu menerapkan protokol kesehatan di era pandemi salah satunya selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Kegiatan penyuluhan meliputi demontrasi  cara pembuatan hand sanitizer sesuai formulasi WHO dari bahan-bahan yang relatif mudah didapatkan di apotek atau toko kimia terdekat,  serta  cara menggunakan hand sanitizer yang benar sehingga dapat mengurangi risiko terpapar covid-19 di tempat umum. Pada kegiatan ini juga dilakukan serah terima Handsoap hasil produksi bersama kelompok 1 kepada pengurus RW 08 untuk digunakan di fasilitas umum seperti posyandu dan rumah ibadah sehingga warga dapat disiplin mencuci tangan setelah melaksanakan kegiatan ibadah ataupun posyandu.

                  

Menurut Tun Susdiyanti selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), “Kegiatan KKNT dimasa pandemi  dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat secara luring (dengan terbatas) dan daring  melalui media audio visual serta infografis (gambar) terkait covid-19, dan setiap peserta setiap hari wajib mendistribusikan informasi tersebut kepada masyarakat melalui media sosial. Semoga kegiatan KKNT dapat meningkatkan kesadaran masyarakat  pentingnya menerapkan protokol kesehatan”.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *