MAPAR Universitas Nusa Bangsa memperingati “PERINGATAN INTERNATIONAL MOUNTAIN DAY”

Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan 11 Desember sebagai Hari Gunung Internasional. Tujuan dari kegiatan peringatan ini adalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya gunung bagi kehidupan, merayakan kekayaan keanekaragaman hayati pegunungan dan mengatasi ancaman yang dihadapinya.

Tanggal 11 Desember telah ditandai sebagai Hari Gunung Internasional untuk membuat umat manusia sadar akan pentingnya menjaga ekosistem gunung. Tema Hari Gunung Internasional 2020 adalah “Keanekaragaman Hayati Gunung”. Pegunungan dan keanekaragaman hayatinya merupakan sumber makanan dan obat-obatan. Daerah pegunungan juga berperan dalam mengatur kualitas air, udara, tanah dan iklim.

Sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab terhadap konservasi alam dan lingkungan Mahasiswa Pecinta Alam Rimba (MAPAR) Universitas Nusa Bangsa merayakan Hari Gunung Sedunia setiap tahun dengan berbagai kegiatan. Tahun ini, MAPAR UNB sebagai lembaga yang memiliki perhatian besar terhadap lingkungan melaksanakan program pendakian dengan membawa misi PERINGATAN INTERNATIONAL MOUNTAIN DAY. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang dilakukan oleh divisi Gunung Hutan MAPAR UNB  pada tanggal 17- 19 Desember 2020. Tim pendakian terdiri atas 6 orang yaitu Furqon Permana, Candra Abdillah, Nur Ihwan C, Muhammad Fickri, Muhammad Amirullah, Muamar Raihan, Ivan Firdaus dan dikoordinatori oleh kepala Divisi Gunung Hutan MAPAR UNB Ricky Wahyudi.

Dalam kegiatan ini tim pendakian melakukan pengibaran spanduk yang bertuliskan “INTERNATIONAL MOUNTAIN DAY  KENALI, PEDULI DAN LINDUNGI”sebagai bentuk kampanya sekaligus ajakan kepada hal layak ramai untuk mengenali alam lebih dekat dan menumbuhkan kepedulian terhadap gerakan pelestarian alam yang dalam hal ini terutama ekosistem pegunungan.

Namun kalimat “KENALI PEDULI DAN LINDUNGI, akan menjadi SEBUAH KATA ATAU FAKTA?” semua tergantung dari kesadaran kita bersama sebagai makhluk Tuhan yang paling cerdas yang disebut manusia.

Semoga momen peringatan International Mountain Day kali ini dapat menjadi kesempatan kita bersama untuk dapat lebih peduli dan mencintai alam dan lingkungan.

Salam Lestari, Salam Konservasi, MAPAR!!

#HariGunungInternasional
#InternationalMountainDay

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *