Kegiatan KKNT universitas nusa bangsa di kelurahan cibinong (kelompok 11)

Pada 17 Agustus – 17 September 2020 telah diselenggarakan Kuliah Kerja Nyata Universitas Nusa Bangsa yang bekerjasama dengan Kemendikbud yang mengamgkat tema KKN Tematik Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh 192 peserta yang terbagi dalam 16 kelompok dan tersebar di beberapa wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

Kelompok 11 yang terdiri atas 12 orang dan berlokasi di Kelurahan Cibinong, didampingi oleh Ibu Iis Anisa, SE., MM selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melakukan serangkaian kegiatan baik secara LURING (Luar Jaringan) dan DARING (Dalam Jaringan) dalam rangka upaya menghadapi Pandemi Covid-19 khususnya di Wilayah RW 5 Kelurahan Cibinong.

Bertindak sebagai ketua kelompok Rizka Aulia Hidayat (41204720117056) yang merupakan mahasiswi semester 6 Fakultas MIPA UNB menjelaskan berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama kegiatan KKN, antara lain adalah diawali dengan acara pembukaan kegiatan KKN di Kantor Kelurahan Cibinong yang dihadiri oleh Lurah, Staf Kelurahan, Ketua RW, Dosen dan Mahasiswa pada tanggal 18 Agustus 2020.

Selanjutnya kegiatan KKN dilakukan melalui DARING dengan menyebarkan informasi seputar Virus Corona atau Covid-19 kepada masyarakat luas melalui media sosial baik dalam bentuk tulisan, gambar dan video. Selain itu dilakukan pula beberapa kali pertemuan LURING yang tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan agenda antara lain adalah:

Pada Minggu pertama KKN-T mahasiswa datang ke RW 5 Kelurahan Cibinong untuk silaturahmi dengan tokoh masyarakat stempat dan memasang spanduk informasi seputar pencegahan Covid-19 di Jalan masuk ke arah RW5 Keluarahan Cibinong, selain itu mahasiswa bersama masyarakat juga bersama-sama memanfaatkan barang bekas seperti ban dan genting untuk kemudian di cat dan dijadikan  pot untuk menanam.

Pada Minggu kedua KKN-T mahasiswa datang ke RW 5 Kelurahan Cibinong untuk senam pagi bersama ibu-ibu setempat dan membagikan masker kain untuk dapat digunakan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Pada Minggu keempat KKN-T mahasiswa datang ke RW 5 Kelurahan Cibinong untuk melakukan kegiatan demo cara pembuatan sabun cuci tangan sederhana dan handsanitizer kepada para pemuda karang taruna, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan memberikan sarana ember cuci tangan, sabun cuci tangan dan handsanitizer kepada setiap RT yang ada di RW 5. selain itu mahasiswa juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdapkan di area RW 5 sebanyak 20 paket sembako yang kemudian diberikan kepada masyarakat kurang mampu dan janda.

Diakhir kegiatan KKN-T mahasiswa menggelar sebuat Webinar yang bertajuk “Bijak dalam Menghadapi Pandemi” kegiatan ini bertujuan untuk dapat memberikan informasi secara massal kepada masyarakat luas di era pandemik ketika kegitan massal langsung tidak mungkin untuk dilaksanakan.

Kegiatan Webinar dilakukan dengan berkolaborasi dengan kelompok 13 yang juga melaksanakan KKN-T di wilayah Kelurahan Cibinong. Bertindak sebagai Narasumber adalah Bapak Heppi Baral Nafy, dr, MKK selaku Dokter Pertamina Hulu Energi Jambi yang membawakan topik “Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental di Era Pandemi Covid-19” kemudian Bapak Herawanto, S.KM., M.Kes selaku Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Tadulako yang menyampaikan topik bahasan mengenai “Peran Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Covid-19” dan Ibu Kasiyem, Spd selaku ketua Kelompok Wanita Tani RW 5 Kelurahan Cibinong yang membawakan topik  “Mengambil Dampak Positif dari Pandemi Covid-19”

Penanggung jawab kegiatan Webinar Saudari Meisye Wulandari dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah  peserta Webinar kurang lebih 90 orang  yang terdiri dari berbagai kalangan  dari dalam dan luar kampus UNB seperti Mahasiswa, Dosen, Pelajar dan Masyarakat Umum. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua LPPM UNB Bapak Dr. Ir. Zaenal Muttaqin, MP, DPL Kel 13 Bapak Anak Agung Eka Suwarnata S.P., M.Agrb dan  DPL Kel 11 Ibu Iis Anisa Yulia, SE., MM

Dari materi yang disampaikan oleh Bapak Heppi Baral Nafy, dr, MKK memberikan isyarat dan ajakan kepada peserta khususnya dan kita semua pada umumnya , untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan mental dengan menerapkan pilar-pilar kesehatan manusia. Sedangkan Bapak Bapak Herawanto, S.KM., M.Kes menjelaskan untuk bagaimana seharusnya masyarakat berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan dan tetap menjaga diri dengan tetep di rumah saja. Terakhir Ibu Kasiyem, S.Pd untuk selalu berprilaku dan berpikir bijak dalam menghadapi pandemic Covid-19 ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan mengambil sisi baik dari setiap permasalahan yang ada.

Suasana lebih hangat lagi tampak ketika dibuka sesi tanya jawab, banyak peserta mengemukakan apa yang mungkin selama ini menjadi ganjalan dalam hati peserta  mengenai Covid-19. Seminar berlangsung  aman dan lancar hingga pukul 11.300 dan ditutup dengan pemberian doorprize kepada para peserta yang bertanya.

Semoga selanjutnya kegiatan KKN Universitas Nusa Bangsa dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat umumnya dan masyarakat sekitar RW5 Keluarahan Cibinong khususnya melalui berbagai kegiatan yang telah dilakukan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *