Kegiatan KKNT Covid-19 universitas nusa bangsa di Desa Pakansari, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Kelompok 12)

Universitas Nusa Bangsa (UNB) bekerjasama dengan Kemendikbud mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Covid-19 tahun 2020. Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode ini berbeda dengan kegiatan KKN sebelumnya yaitu kegiatan dilakukan secara langsung berinteraksi dengan masyarakat, tapi saat ini kegiatan KKNT dilakukukan secara daring (dalam jaringan).
Pelaksanaan KKNT Covid-19 UNB kelompok 12 dilakukan di Desa Pakansari, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yaitu Dra.Nia Yuliani M.Pd.. Kelompok 12 KKNT Covid-19 menjalankan program KKNT tentang Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19, dengan tujuan untuk memberikan edukasi, informasi berdasarkan data ilmiah guna mencegah penyebaran dan pengendalian virus Covid-19 saat ini. Program yang dijalankan ini juga sejalan dengan himbauan di rumah aja dan tidak adanya pengumpulan massa dan juga tetap patuh terhadap protokol pencegahan Covid-19.
Kegiatan KKNT yang dilaksanakan yaitu membagikan poster-poster informatif dan video animasi mengenai Covid-19 di media massa, membagikan masker kain kepada warga serta pembagian sabun cuci tangan bagi warga yang terkena dampak Covid-19. Pembagian masker dan sabun cuci tangan dibagikan melalui perwakilan Rukun Tetangga (RT), dan selanjutnya masker dan sabun cuci tangan akan didistribusikan kepada masyarakatnya. Selain itu masker juga dibagikan kepada masyarakat umum yang tidak menggunakan masker yang berada di tempat umum di desa Pakansari, hal ini dilakukan agar mereka lebih peduli dan sadar akan pentingnya menggunakan masker di saat pandemi ini. Kegiatan lain yaitu membagikan poster atau flyer dan video animasi mengenai Covid-19 melalui media online, hal ini diharapkan agar masyarakat dapat edukasi dalam menerima informasi dengan benar tentang Covid-19 serta tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid-19.
Kegiatan berikutnya adalah mengadakan webinar yang dilaksanakan pada tanggal 12 September 2020 dengan mengambil tema “Adaptasi Kebiasaan Baru di era Pandemi”, melalui aplikasi Zoom meeting secara virtual. Kegiatan webinar ini diselenggarakan oleh mahasiswa KKNT UNB kelompok 12 berkerjasama dengan Desa Pakansari dan didukung oleh Karang Taruna Desa Pakan Sari Kecamatan Cibinong, dengan menghadirkan 2 pembicara yaitu Bapak Hendi Sunandar (SERA HSE Helath Support Analyst PT. SERA ASTRA) yang membawakan materi edukasi mengenai Penerapan Protokol kesehatan di Era Pandemi (“Adaptasi kebiasaan baru dalam menjaga kesehatan pada Era New Normal”), dan pemateri kedua yaitu Ashahib Fresha Alfarra Charnita sebagai mahasiswa peserta KKNT dari kel 12 (mahasiswa PS Kimia Universitas Nusa Bangsa), dengan materi mengenai “Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Menjaga Kesehatan Pada Era New Normal dengan Penerapan 3 M”. Kegiatan webinar dihadiri sebanyak ± 32 orang terdiri dari Dosen UNB, Anggota Karang Taruna Desa Pakansari Kecamatan Cibinong, Ketua RW dan RT Desa Pakansari, mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi lain, serta mahasiswa peserta KKNT UNB kel 12.
Para peserta webinar terlihat antusias saat menjalani kegiatan ini yang terbukti dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang diajukan seputar Adaptasi New Normal serta informasi tambahan mengenai materi yang telah dipaparkan oleh kedua pemateri tersebut. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab dengan singkat dan jelas oleh kedua pemateri secara runut dan bergantian. Adanya webinar ini diharapkan para peserta baik dari masyarakat umum atau khususnya masyarakat di wilayah Desa Pakansari Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor beserta Civitas Akademik Universitas Nusa Bangsa tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan gerakan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *