Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Kelurahan Ciherang RT 01 RW 2 Desa Hegar Manah, Kabupaten Bogor (Kelompok 2)

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan kegiatan yang terafiliasi dengan program Relawan Covid-19 (RECON) yang digagas Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud guna membantu penanganan COVID-19. Pada tahun ini karena adanya pandemic COVID-19 maka penunjukan wilayah KKN ditentukan oleh pihak kampus berdasarkan dengan domisili peserta KKN.

Salah satu lokasi KKN Tematik yang diselenggarakan oleh Universitas Nusa Bangsa adalah di Kelurahan Ciherang RT 01 RW 2 Desa Hegar Manah Kabupaten Bogor. Di lokasi tersebut ditempatkan satu kelompok KKN Tematik yang terdiri dari 12 orang mahasiswa di bawah bimbingan Ibu Kustin Bintani Meiganati, S.Hut., M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapang (DPL). Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih selama 40 hari dari mulai tanggal 17 Agustus – 27 September 2020.

Sesuai himbauan pemerintah untuk tidak berkerumun maka pelaksanaan KKN Tematik difokuskan kepada kegiatan daring dan hanya beberapa saja yang dilakukan secara luring. Kegiatan daring berfokus pada penyebaran konten audio visual edukasi mengenai pola hidup sehat, penggunaan masker secara baik dan benar, pembuatan disinfektan dan segala bentuk penjagaan diri dan lingkungan dari COVID-19, kemudian kegiatan daring didukung oleh kegiatan luring yang dilakukan secara terbatas satu kali setiap satu minggu dengan meminimalisir terjadinya kerumunan dan mematuhi segala bentuk protokol kesehatan.

Karena KKN tematik ini mengacu pada kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD maka sebelum kegiatan ini dimulai peserta wajib melakukan pendaftaran dan aktivasi akun RECON pada laman yang sudah disediakan oleh KEMENDIKBUD.  Selain itu, KEMENDIKBUD juga melakukan pelatihan selama satu minggu yang wajib di ikuti oleh seluruh peserta KKN. Output yang diperoleh dari pelatihan tersebut bahwa peserta harus melakukan pretest untuk mendapatkan sertifikat. Pelatihan tersebut berisi pengetahuan mengenai COVID-19.

KKN Tematik dimulai dibuka secara serentak dan simbolis oleh pihak kampus UNB melalui zoom meeting pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kemudian sepanjang minggu dilakukan penyebaran informasi mengenai COVID-19 berupa poster. Kemudian di tanggal 18 agustus 2020 dilakukan kegiatan survei lokasi untuk melihat kondisi di Desa Hegar Manah dan perkenalan dengan Kepala Desa, Ketua RT dan RW serta warga sekitar. Pertemuan pertama kami membahas terkait program kerja yang akan kami laksanakan selama KKN di Desa tersebut.

Pada minggu kedua kegiatan daring tepat berlanjut setiap hari dengan menyebarkan konten edukasi mengenai COVID-19 dan kemudian pada tanggal 30 Agustus 2020 dilanjutkan dengan melakukan kerja bakti membersihakan sampah yang berserakan di pinggir jalan dan ranting maupun rumput yang mengganggu jalan. Setelah itu kelompok dibagi menjadi dua kelompok untuk memasang spanduk “7 Langkah Mencegah Penyebaran COVID-19”, membuat tempat  perlengkapan alat cuci tangan dan pembagian masker serta handsanitizer. Pada kegiatan pembagian masker dan handsanitizer dilakukan dengan cara door to door ke setiap rumah warga serta memasang spanduk informasi kawasan wajib menggunakan masker dan menjaga kebersihan disertai dengan memberikan informasi kepada masyarakat dari rumah ke rumah mengenai pola hidup sehat.

Pada minggu berikutnya kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 2 yaitu penyemprotan desinfektan. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan ketua RT dan beberapa warga Desa Herga Manah. Karena beberapa peserta KKN berasal dari jurusan Kimia maka untuk komposisi dari pembuatan desinfektan diracik sendiri dengan mengacu pada standar WHO.

Di minggu keempat ini anggota kelompok membuat acara webinar dengan tema “Peran dan Dukungan Psikologis Orang Tua terhadap Anak dalam Pembelajaran Daring / Online di Masa Pandemi”. Sasaran utama dari webinar ini adalah para orang tua yang sebagian besar mempunyai anak yang harus didampingi ketika belajar secara online / daring.  Webinar ini diisi oleh dua orang narasumber yaitu Ibu Fauziah Halimatussakdiyah, M.Pd yang merupakan seorang kepala sekolah PAUD Prima Adinda & wakil ketua HIMPAUDI Kec. Sanggata Utara. Pembicara kedua yaitu seorang Psikolog yang bernama Bellita N Pratiwi. Beliau merupakan Co-Founder dari Dayadik.

Pada akhirnya tujuan dari semua kegiatan KKN Tematik kelompok 2 adalah agar masyarakat mengerti mengenai Covid-19 dan dapat menjaga diri, keluarga serta lingkungan dari Covid-19 serta menyiapkan diri menghadapi New Normal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *