kegiatan KKN Tematik covid-19 di kelurahan cibinong, kabupaten bogor (kelompok 13)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ajaran 2019-2020 ini Universitas Nusa Bangsa (UNB) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata bekerjasama dengan Kemendikbud dengan mengusung tema KKN Tematik Covid-19.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai 17 Agustus hingga 17 September 2020. KKN Tematik Covid 19 ini diikuti oleh 192 peserta dan terbagi dalam 16 Kelompok yang tersebar di beberapa wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

Kelompok 13 mengikuti KKN Tematik ini dengan serangkaian kegiatan dalam upaya melakukan pencegahan covid19 di kelurahan cibinong, kabupaten bogor. Dibawah bimbingan Bapak Anak Agung Eka Suwarnata,S.P.,M.Agb. dan memiliki tema “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGUATAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI GUNA MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19”

Tujuan dari kegiatan ini adalah antara lain untuk memberikan informasi dan edukasi guna mencegah penyebaran virus covid-19.

Mulai tanggal 23 agustus kelompok 13 mendatangi desa dengan tetap mengikuti protocol kesehatan untuk melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat kelurahan cibinong dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa sampora.

Kemudian kegiatan selanjutnya ditanggal 30 agustus perwakilan kelompok 13 memberikan saran pencuci tangan seperti penyangga besi, ember beserta sabun cuci tangan yang diterima langsung oleh ketua rw desa sampora bapak Zaenudin.

Kelompok 13 pun memberikan penyuluhan terkait perilaku yang harus diterapkan diera new normal ini dengan menekankan pentingnya mengenakan masker, mencuci tangan, serta berjaga jarak. Penyuluhan ini dilakukan karna mengingat masih banyak masyarakan yang masih kurang sadar akan pentingnya mengikuti protocol kesehatan dimana pun kita berada. Dan diakhir penyuluhan pun diberikan masker dan handsinitizer untuk masyarakat.

Untuk mendukung program yang sedang berjalan didesa sampora kelurahan cibinong ini dengan tema desa ramah lingkungan, diakhir kegiatan kelompok 13 memberikan bibit jahe merah untuk ditanam didesa sampora ini.

Dimasa pandemic  Covid19 kali ini, Webinar meruapakan salah satu cara komunikasi massal yang bisa digunakan. KKN Tematik Universitas Nusa Bangsa mengadakan Webinar Covid-19 dengan tema “ Bijak Dalam Menghadapi Pandemi”, melalui Zoom Meeting pada (19/9/20).

Webinar ini merupakan salah satu program kerja , dari Kuliah  Nyata Tematik  (KKNT) Covid-19. Sedikit ulasan mengenai KKNT Covid-19. KKNT covid-19 merupakan kolaborasi antara Dikti kemendikbud , dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), dan dengan dukungan dari berbagai stakeholders lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa KKN dan merupakan hasil kolaborasi antara kelompok 11 dan 13 (KKN Tematik Universitas Nusa Bangsa) bekerjasama dengan pihak kelurahan Cibinong dan didukung oleh pihak-pihak yang terkait.

Kegiatan Webinar yang berlangsung kala itu, menghadirkan 3 pemateri  yaitu Bapak Heppi Baral Nafy, dr, MKK yang merupakan Dokter Pertamina Hulu Energi Jambi Merang dengan materi “Menjaga Kesehatan Tubuh Dan Mental  Di Era Covid-19”, lalu bapak Herawanto, S.KM., M.Kes dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako dengan materi “Peran Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Covid-19”  dan yang terakhir Ibu Kasyem S.Pd yang merupakan ketua dari Kelompok Wanita Tani Kelurahan Cibinong dengan materi “Mengambil Dampak Positif Dari Pandemi Covid-19”.

Kegiatan ini dihadiri Ketua LPPM Universitas Nusa Bangsa Bapak Dr. Ir. Zinal Muttaqin, MP, Dosen Pembimbing Lapang KKNT Kelompok 13 Bapak Anak Agung Eka Suwarnata S.P., M.Agrb dan Dosen Pembimbing Lapang KKNT Kelompok 11 Ibu Iis Anisa Yulia,SE., MM.

Webinar ini diikuti sebanyak ±90 peserta hingga akhir acara yang terdiri dari Dosen, Para pemateri, Ketua RW dan RT Desa dan Kelurahan Cibinong, Civitas dan Akademisi Universitas Nusa Bangsa , Mahasiswa, relawan Covid-19, guru, dan masyarakat umum.

Para peserta webinar terlihat antusias saat menjalani kegiatan ini yang terbukti dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang diajukan seputar Covid-19 ini serta informasi mengenai materi yang telah dipaparkan oleh ketiga pemateri tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab dengan singkat dan padat oleh ketiga pemateri secara runut dan bergantian, diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut para peserta webinar baik dari masyarakat umum atau khususnya masyarakat di wilayah Desa Cibadak beserta Civitas Akademik Universitas Nusa Bangsa tetap menjaga kondisi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *