Universitas Nusa Bangsa melaksanakan Pembekalan dan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Secara Digital Tahun Akademik 2019/2020.

Bogor – Universitas Nusa Bangsa melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) pada Tahun Akademik 2019/2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus-17 September 2020,  diikuti oleh 192  mahasiswa UNB terbagi kedalam 16 kelompok, yang tersebar ke dalam 15 desa pada 8 kecamatan di wilayah kabupaten dan kota Bogor. Kegiatan KKNT dengan tema ‘Pemberdayaan Masyarakat dalam Percepatan penanggulangan Covid-19 di Kota dan Kabupaten Bogor’ atau disebut KKNTC. Kriteria pemilihan lokasi pada daerah yang terdampak covid-19, dan kegiatan KKNTC akan dilaksanakan secara DARING.

Diawali acara Pembekalan yang dilanjutkan Pelepasan secara resmi KKNTC oleh Rektor UNB, dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2020. Materi pembekalan disampaikan oleh

1) Dr. Zainal Muttaqin, tentang Pedoman pelaksanaan KKNT-Covid 19,

2) Dr. Faisal Maad, tentang penyuluhan, pemberdayaan dan ketahanan masyarakat menghadapi pandemi covid-19, 3) Anak Agung Eka Suwarnata, S.P, M.Agb, tentang pengisian logbook kegiataan, laporan hasil dan monitoring dan evaluasi di laman RECON, on-line course IMERI.

Adapun sambutan Rektor UNB, Dr. Ir. Yunus Arifin, M.Si dalam acara Pembekalan dan Pelepasan KKNTC,  mengatakan bahwa, di antara keragaman implementasi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi (yang di dalamnya, mencakup : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) oleh institusi dan civitas akademika UNB ini,  kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan para mahasiswa seperti KKN ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan sinergitas antara masyarakat kampus dan masyarakat warga negara. Karena sifat dari kegiatan KKN ini adalah menerapkan ilmu pengetahuan teoretik (applying of knowledge and science) yang telah diterima mahasiswa selama menempuh studi di bangku perkuliahan dan menerapkannya kepada masyarakat sebagai wahana pengetahuan praktis (transfering of knowledge). Oleh karena itu, sangat besar harapan saya kepada berbagai pihak yang berkompeten untuk turut membantu pelaksanaan kegiatan KKN UNB ini sehingga benar-benar menjadi media pembelajaran praktis kepada para mahasiswa.

Lebih lanjut Ketua LPPM UNB sekaligus sebagai ketua pelaksana kegiatan KKNTC, Dr. Ir. Zainal Muttaqin, MP menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan KKNT  bekerjasama dengan Kemdikbud, dengan kegiatan yang sudah ditetapkan Kemdikbud dan dilengkapi kegiatan dari UNB dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat sasaran. Kegiatan KKNT meliputi: penyuluhan/pendampingan masyarakat  dalam penanggulangan dan ketahanan ekonomi menghadapi wabah covid-19, serta pembuatan media audio visual atau infografis (gambar) kreatif dan inovatif terkait covid-19. Setiap peserta setiap hari wajib mendistribusikan informasi tersebut kepada masyarakat melalui media sosial dengan tagline: #BangkitIndonesiaMaju#SiapAdaptasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *