SEMINAR HASIL EKSPEDISI BENTANG MANAPA MAHASISWA PECINTA ALAM RIMBA (MAPAR) UNIVERSITAS NUSA BANGSA

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 2 November 2019 lalu yaitu Seminar Nasional Hasil Ekspedisi Bentang Manapa dengan tema “Kajian Kekayaan Etnobotani Masyarakat Sekitar Geo-Site Manapa, Geo-Park Pongkor” bertempat di Gedung Pasca Sarjana Universitas Nusa Bangsa. Penyelenggaraan seminar ini merupakan agenda Seminar Nasional yang menjadi agenda tahunan Mahasiswa Pecinta Alam Rimba (MAPAR) Universitas Nusa Bangsa.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan langsung oleh Rektor Universitas Nusa Bangsa Bapak Dr.Yunus Arifien, Ir., M.Si. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Pejabat Universitas Nusa Bangsa  antara lain Para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro dan Dosen Universitas Nusa Bangsa.

Bertindak sebagai Narasumber adalah Kepala BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor Ibu Hj. Ir. Syarifa Sofia, M.Si, Bapak Prof. Dr. Ir. Yohanes Purwanto selaku Direktur Eksekutif Komite Nasional Program MAB-UNESCO Indonesia, LIPI dan didampingi oleh Ibu Sulasih, S.P., M.Si selaku Moderator.

Ketua Panitia pelaksana Ekspedisi Bentang Manapa Saudari Meisye Wulandari dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah  peserta seminar kurang lebih 160 orang  yang terdiri dari berbagai kalangan  dari dalam dan luar kampus UNP seperti SISPALA dan MAPALA se-Kota dan Kabupaten Bogor, Siswa Sekolah Menengah Atas, Mahasiswa dan Masyarakat Umum.

Dari materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Yohanes Purwanto memberikan isyarat dan ajakan kepada peserta khususnya dan kita semua pada umumnya , untuk selalu berprilaku bijak terhadap alam, menjaga alam beserta  segala sumber daya yang ada di dalamnya agar dimanfaatkan secara proporsional, profesional dan beretika/berkarakter. Serta mengajak untuk lebih mengenal imu Etnobotani yang turut berperan dalam upaya konservasi. Sedangkan Ibu Hj. Ir. Syarifa Sofia, M.Si memperkenalkan kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh Geo-park Pongkor berupa kekayaan budaya, kekayaan alam geologi dan kekayaan keanekaragaman hayati.

Suasana lebih hangat lagi tampak ketika dibuka sesi tanya jawab, banyak peserta mengemukakan apa yang mungkin selama ini menjadi ganjalan dalam hati peserta  mengenai Etnobotani. Seminar berlangsung  aman dan lancar hingga pukul 13.00 dan ditutup oleh penampilan Kelompok Akustik Camp MAPAR yang membawakan lagu Ibu Pertiwi.

Ucapan terimakasi diucapkan oleh Mahasiswa Pecinta Alam Rimba kepada semua pihak hingga akhirnya dapat terlaksana sesuai rencana. Kegiatan ini pula turut di dukung dan disponsori oleh pihak perusahaan dalam negeri yaitu PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk, yang memiliki rasa peduli terhadap perkembangan Etnobotani yang tersalurkan dalam bentuk dukungan dana.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *