Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Nusa Bangsa kembali mengadakan kegiatan Seminar Motivasi yang bertajuk “Skills for a Great Millennial Leader”.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Nusa Bangsa kembali mengadakan kegiatan spektakuler untuk mahasiswa di lingkungan Universitas Nusa Bangsa yaitu Seminar Motivasi yang bertajuk Skills for a Great Millennial Leader”. Kegiatan berlangsung pada hari Senin, 20 Januari 2020, mengundang pakar motivasi terkenal yaitu Dr. Ir. Tri Utomo Wiganarto, MM, EPC, MNLP dengan panggilan akrab yaitu Bapak Wigan.

Mahasiswa milenial di era revolusi industri 4.0 sebagai tulang punggung masa depan bangsa, pemimpin perubahan dan mengisi perubahan di masa depan, apakah cukup bermodalkan IPK tinggi? tentu tidak, ada berapa keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa salah satunya adalah kecerdasan emosional/Emotional Quotient (EQ). EQ merupakan kemampuan mengenali perasaan sendiri dan orang lain, memotivasi diri sendiri dan orang lain, serta mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain. Hal ini yang ditekankan oleh Bapak Wigan dalam seminar motivasi tersebut. Bapak Wigan menjelaskan, skill penting untuk generasi milenial adalah memiliki pola pikir dan sikap “Winner”  bukan “Looser”.

Menjadi seorang Winner anda harus memiliki sikap:

  • Introspects: introspeksi diri sendiri
  • Grateful: selalu bersyukur
  • Take Ownership: ambil kepemilikan/hidup anda ditentukan oleh anda sendiri

Hindari sikap Looser:

X   Blammer: mencari kesalahan orang lain untuk menutupi kesalahan diri sendiri

X   Excuse: mencari alasan

X   Complain: mengeluh

“Manusia akan selalu berkutat pada pola pikir dan sikap seorang Winner dan Looser,  jika anda merasa berada pada pola berpikir dan sikap Looser, segera sadarkan diri anda untuk pindah pada pola pikir dan sikap sebagai Winner “ kata Bapak Wigan.

Semoga hasil seminar motivasi ini bermanfaat untuk semua. Salam Winner.

Written by: Agung Eka

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *