KULIAH UMUM FAKULTAS KEHUTANAN, UNIVERSITAS NUSA BANGSA TAHUN 2019

Fakultas Kehutanan UNB pada hari Sabtu tgl 12 Oktober 2019 menyelenggarakan Kuliah Umum (Studium General) dengan tema “Pengenalan Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dalam Era Industri 4.0”. Narasumber yang dihadirkan adalah penemu alat tersebut, yaitu Dr. Ratih Damayanti, dia adalah penelitia dari P3HH (Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan) yang berkedudukan di Gunung Batu, Bogor.

     

Kuliah Umum ini merupakan salah satu support materi yang menambah wawasan mahasiswa Kehutanan pada mata kuliah Teknologi Hasil Hutan. Pengalaman praktisi dan peneliti sangat dibutuhkan oleh mahasiswa agar mereka siap menghadapi dunia kerja setelah lulus menjadi Sarjana Kehutanan. Disamping itu agar mahasiswa tidak buta terhadap perkembangan teknologi khususnya teknologi identifikasi kayu karena ilmu ini sangat penting dalam perdagangan kayu maupun dalam pemanfaatan kayu, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penanganannya.

Kuliah Umum ini diikuti sedikit 60 orang mahasiswa dan dosen Kehutanan. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Kehutanan, Dr Luluk Setyaningsih. Dalam sambutannya Luluk menyatakan bahwa kuliah umum ini bukan sekedar pengenalan alat, tapi juga harus dipelajari bagaimana upaya yang dilakukan para peniliti dalam menciptakan inovasi, sehingga ke depan, mahasiswa bisa mencontoh kreatifitas penemu alat ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *