Universitas Nusa Bangsa  dalam program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Tahun Akademik 2019-2020, Di Desa Bojong Koneng Kabupaten Bogor.

Bogor – Sejumlah mahasiswa dari Universitas Nusa Bangsa  dalam program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Tahun Ajaran 2019-2020 mengadakan kegiatan penanaman pohon bersama dengan masyarakat  di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Acara seremonial diadakan  hari Minggu (1/9), yang dihadiri oleh aparatur Desa Bojong Koneng;  karang taruna, serta para tokoh masyarakat desa dan warganya. Bibit-bibit pohon yang dibagikan merupakan hibah dari  Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Citarum-Ciliwung (BPDASHL Citarum-Ciliwung). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mensukseskan program pemerintah dalam penyediaan bibit berkualitas dan bibit produktif untuk masyarakat.

Acara seremoni  diawali dengan laporan dari penanggungjawab kegiatan penanaman pohon  mahasiswa KKN UNB, kemudian sambutan dari pihak karang taruna, ketua RW yang hadir, serta perwakilan dari kepala Desa Bojong Koneng.  Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit secara simbolis kepada masyarakat desa oleh aparatur desa, dan penanaman pohon bersama serta pembagian bibit kepada masyarakat.

“Dengan menanam pohon berarti kita mempertahankan udara segar dan penyuplai oksigen lestari.” tutur Mustopa dalam sambutannya selaku perwakilan dari mahasiswa UNB.

Adapun bibit pohon yang dibagikan terdiri dari dua macam, yaitu: 1. Penanaman tanaman dari jenis HHBK (Hasil Huutan Bukan Kayu) yang berjumlah 300 bibit, dan 2. Bibit tanaman keras yang berjumlah 50 bibit (total 350 bibit). Jenis-jenis tanaman HHBK yang dibagikan yaitu bibit mangga, nangka, jambu, sirsak, dan petai. Sedangkan jenis tanaman keras yang dibagikan ialah bibit trembesi dan kedoya. Selain untuk penghijauan, harapannya kegiatan ini mendukung g ketahanan pangan bagi masyarakat desa.

 

Lukman, sebagai ketua karang taruna setempat, menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa Universitas Nusa Bangsa yang bersedia menyelenggarakan kegiatan ini agar dapat melakukan penghijauan dengan menanam pohon, dan mengajarkan kepada masyarakat serta anak dan cucu untuk menanam pohon dan melestarikan lingkungan. Lebih dari 100 warga Desa Bojong Koneng nampak antusias dengan kegiatan ini dan merasakan manfaatnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *