Praktek umum fakultas kehutanan UNB

Untuk membentuk Sarjana Kehutanan yang profesional tidak cukup  hanya dengan bekal ilmu dari kuliah dan praktek laboratorium di kampus, tetapi juga harus dibekali pengetahuan untuk melihat, mengamati, mengukur, merumuskan masalah, memecahkannya secara pragmatis praktis maupun konseptual teoritis. Oleh sebab itu mahasiswa Fakultas Kehutanan perlu diperkenalkan  dengan kegiatan-kegiatan kehutanan yang nyata di lapangan dan diberi kesempatan untuk melihat, mengamati, mengukur, mencoba melaksanakan dan mengambil keputusan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapinya melalui kegiatan praktik umum (PU) ini. Kegiatan PU ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan SKS Minimal 120 SKS/Semester 6.

Kegiatan PU ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan hutan secara menyeluruh, yang meliputi materi  Perencanaan Hutan, Pembinaan Hutan, Pemanenan Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, kelola Sosial dengan melakukan praktik langsung di lapangan

Kegiatan PU Fakultas Kehutanan di Tahun Ajaran 2018/2019 ini dilaksanakan pada 2 lokasi kegiatan Praktik yaitu :

  1. Kampus Lapang Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada di desa Getas Kab Blora Jawa Tengah.
  2. Perum Perhutani KPH Bogor yang berlokasi di BKPH Bogor, BKPH Jongol, BKPH Parung Panjang dan BKPH Jasinga-Lw Liang.

Adapun tujuan dari kegiatan praktik ini yaitu :

  1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat, mengamati, mengenali kegiatan dan permasalahan pengelolaan hutan.
  2. Meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan hutan secara menyeluruh, yang meliputi materi Perencanaan Hutan, Pembinaan Hutan, Pemanenan hasil hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, Kelola Sosial melalui praktik langsung di lapangan.

Serangkaian Kegiatan Praktik umum ditahun ini sebagai berikut :

  1. Melibatkan 73 mahasiswa/i : 73 Mahasiswa,  terdiri dari 52 mahasiswa dengan lokasi PU pada Kampus Lapang Fahutan UGM Jawa Tengah dan 21 mahasiswa/i dengan lokasi PU Kph Bogor Devisi regional Jawa barat.
  2. Kegiatan Pembekalan PU berlangsung pada tanggal 13 Juli 2019 di kampus Fahutan UNB
  3. Kegiatan Praktik umum dilapangan terselengara mulai dari tanggal 15 – 31 juli 2019 .
  4. Lokakarya hasil praktikum diselengarakan pada masing-masing lokasi : Utk lokasi Getas terjadwal 28 Juli 2018 dan KPH Bogor pada tanggal 1 Agustus

Kegiatan PU ini telah diawali dengan kegiatan pembekalan PU yang berlangsung pada 13 Juli 2019 di kampus Fahutan UNB yang diresmikan penyelengaraannya oleh Dekan Fahutan UNB Dr.Ir. Luluk Setyaningsih. M.Si dan melibatkan narasumber Bpk Ade Soma sebagai Asper (Asisten Perhutani) BKPH Bogor yang berbagi pengetahuan umum tentang pengelolaan Hutan di lingkup Perhutani.

Mahasiswa Peserta PU di lokasi KPH bogor telah memulai kegiatannya sejak tanggal 15 Juli 2019 yang diawali dengan penyambutan oleh Adminisitratur Perum Perhutani KPH Bogor Bpk Jeri Nugroho bertempat di Kantor KPH Bogor Kompleks Pemda Cibinong. Acara diawali arahan dan pemaparan Materi Perencanaan hutan serta kemudian mahasiswa di antar ke lokasi 4 Bagian kesatuan Pemangkuan hutan (BKPH)  yaitu BKPH Bogor, BKPH Jongol, BKPH Parung Panjang dan BKPH Jasinga-Lw Liang.

Mahasisawa Peserta PU di lokasi Kampus Lapang UGM, memulai kegiatannya pada 18 Juli 2019 bertempat di Aula Kampus Lapang desa Getas Blora Jateng, yang diawali dengan penyambutan oleh coordinator kegiatan Kampus Lapang UGM Bpk Bowo Dwi Siswoko dan diawali dengan pemaparan materi Penataan Kawasan hutan.

Seluruh rangkaian kegiatan pada kedua lokasi diakhiri dengan kegiatan lokakarya hasil Praktik,  yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juli 2019 di kampus Lapang UGM dan untuk lokasi KPH bogor pada tanggal 1 agustus 2019 di kantor KPH Bogor. Pada lokakarya hasil praktik mahasiswa pada kedua lokasi memaparkan materi-materi praktik yang telah dilaksanakan yaitu Perencanaan Hutan, Pemanenan hasil Hutan, Industri Pengolahan kayu, Konservasi Sumberdaya Hutan, Kelola Sosial.

Output kegiatan Praktik Umum  ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk pesertanya terutama bagi mahasiswa kehutanan dalam upaya membentuk sarjana kehutanan yang professional di bidangnya.

Panitia menyampaikan terima kasih untuk kerjasama yang boleh terjalin luarbiasa baik bagi penyelenggaraan PU ini, secara khusus bagi Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Jawa Tengah dan Perum Perhutani KPH Bogor Jawa barat, dimana berkenan memberikan pendampingan yang luarbiasa bagi mahasiswa kami dan diharapkan kerjasama yang terjalin ini semakin ditingkatkan diwaktu-waktu mendatang.
kegiatan ini diketuai oleh:
Messalina L Salampessy.S.Hut,M.Si

https://drive.google.com/file/d/1Mew48n2HmpK7cgd2nnxETrbnQRtWTo2d/view

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *