Syarat Mengajukan Beasiswa Kuliah Gratis Secara Umum

Hampir semua orang pastinya menginginkan pendidikan yang terbaik dan setinggi mungkin untuk dirinya, agar bisa mendapat ilmu sebanyak mungkin dan bermanfaat jika dirinya sudah terjun ke dunia kerja. Namun sayangnya tidak semua orang bisa beruntung, nyatanya banyak yang tidak mampu melanjutkan kuliah, karena masalah biaya, meskipun sebenarnya mempunyai niat yang kuat untuk melanjutkan pendidikannya.

 

Nah, sebenarnya anda tidak boleh mudah menyerah. Ada solusi yang bisa anda tempuh untuk tetap melanjutkan kuliah meskipun tidak memiliki biaya, yakni dengan mengajukan beasiswa.

 

Baik pemerintah ataupun pihak swasta saat ini banyak menyediakan beasiswa demi meningkatkan sumber daya manusia. Nah, terkait hal tersebut, berikut kami bagikan beberapa  syarat pengajuan beasiswa kuliah gratis yang sebaiknya anda ketahui. Apa saja?

 

 

Syarat Mengajukan Beasiswa Kuliah Gratis

 

 1. Tidak Pernah Atau Sedang Menerima Beasiswa dari Manapun

Pada saat kita ingin mengajukan program beasiswa tentunya pastikan bahwa anda tidak sedang menerima atau tidak pernah menerima beasiswa dari pihak manapun.

 

 2. Memastikan Untuk Lulus Secepatnya

Jika anda sudah bulat untuk mengambil beasiswa, anda harus memastikan dan berkomitmen untuk bisa lulus secepatnya, karena biaya kuliah di tanggung oleh pihak ketiga.

 

 3. Mempunyai Prestai Secara Akademik

 Salah satu syarat wajib untuk pengajuan program beasiswa adalah anda harus mempunai nilai-nilai yang nagus atau diatas rata-rata. Karena para penyelenggara beasiswa tidak ingin mempunyai pelajar/mahasiswa yang nilai akdemiknya biasa saja.

 

4. Memiliki Surat Keterangan Keluarga Kurang Mampu

 Jika anda memiliki prestadi akademik yang biasa saja mungkin dengan mempunyai surat keterangan kurang mampu anda tetap bisa mengajukan dan mendapatkan program beasiswa. Akan tetapi pastikan juga jika nlai anda tidak terlalu jelak-jelek amat.

 

5. Berprilaku Baik

 Syarat lainnya yang harus anda ketahui adalah terkait perlilaku anda. Hampis semua beasiswa yang ada hanya akan membiayai calon mahasiswa yang berperilaku baik, tidak suka melanggar aturan dan norma-norma yang berlaku. Apalagi melanggar aturan hukum yang berlaku di negara ini.

 

6. Melengkapi Dokumen Persyaratan

Selain persyaratan diatas, anda juga harus melengkapi persyaratan administrasi, sesuai yang diintruksikan pihak pemberi beasiswa. Biasanya, dokumen-dokumen yang diperkukan tersebut, seperti formulir, surat keterangan tidak mampu, kartu keluarga, kartu tanda penduduk (KTP), SKCK, dan sejenisnya.

 

Nah, itu tadi beberpa syarat yang harus dipersiapkan untuk anda yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Nah, selanjutnya perlu diketahui juga bila ada beberapa pilihan beasiswa yang mungkin bisa anda pertimbangkan untuk anda pilih salah satunya. Kira-kira apa saja?

 

  1. Bidik Misi

 

Bidik misi adalah sebuah program beasiswa dari pemerintah yang ditujukan untuk siswa-siswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan namun terkendala secara ekonomi, bila nanti anda bisa lolos dalam bidik misi ini semua biaya perkuliahan atau sekolah akan di tanggung pemerintah.

 

  1. Beasiswa Unggulan

 

Beasiswa unggulan adalah program beasiswa bagi para sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan di tingkat S2 atau S3, beasiswa ini di tujukan bagi mahasiswa yang ingin melanjytkan pendidikan dan ingin menjadi dosen atau tenaga pengajar. Beasiswa ini bisa untuk dalam negeri dan luar negeri.

 

 

  1. Beasiswa Swasta

 

Beasiswa swasta merupakan program dari pihak non pemerintah, biasanya beasiswa ini di adakan oleh para perusahaan swasta yang berskala besar.

 

Tentunya untuk memperbesar peluang anda mendapatkan suatu beasiswa anda juga dituntuk untuk mempunyai kelebihan di banding para siswa yang lainnya, yang menjadi nilai plus anda. Nah, selamat berburu beasiswa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *