Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan yang Tepat

Bagi anda yang kini sudah bekerja, namun di tuntut memiliki pendidikan tinggi atau untuk anda yang punya keinginan pribadi melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, namun saat ini dalam bekerja, jangan khawatir, saat ini sudah banyak universitas di indonesia yang membuka perkuliahan khusus bagi karyawan.

Nah, bagi anda yang ingin memilih kuliah kelas karyawan, berikut kami bagikan beberapa tips yang sekiranya bisa membantu teman-teman sekalian.

 

1. Pikirkan waktu luang anda

Bagi anda yang ingin memilih kelas karyawan yang pertu anda pertimbangkan yang pertama adalah waktu. Anda harus memastikan bahwa anda memiliki waktu luang yang bisa digunakan untuk menjalankan perkuliahan.

Misalnya jika anda sudah bekerja dan waktu kerja anda full time yang waktu bekerjanya pada jam 08.00-16.00 dan bekerja pada hari senin- jumat maka anda bisa mengambil kuliah kelas sore antara pukul 17.00-21.00 atau kuliah pada hari sabtu-minggu.

 

2. Memilih universitas yang waktu kuliahnya sesuai dengan anda

 

 Jika anda sudah memiliki pilihan waktu yang tepat, untuk anda kuliah hal selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah mencari suatu universitas yang berkualitas namun mendukung waktu kuliah yang sesuai dengan perencanaan anda.

Saat anda sedang mencari atau bahkan sudah menemukan suatu universitas favorit yang diinginkan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menanyakan apakah kelas sore/malam atau kelas hari sabuu-minggu.

 

 3. Menentukan prodi yang sesuai

 

 Bagi sebagian orang memilih prodi atau jurusan dalam suatu universitas merupakan hal yang sulit. Terutama jika anda merupakan salah satu karyawan di sebuah perusahaan yang kurang sesuai dengan latar pendidikan anda. Misalnya saja jika anda lulusan dari prodi sastra namun anda bekerja sebagai seorang HRD atau posisi lainnya yang tidak ada hubungannya dengan sastra.

Nah, jika kondisinya seperti ini, tentunya yang tahu baik buruknya adalah anda sendiri. Saran kami, pilihlah prodi yang sekiranya paling cocok, yang anda bisa enjoy saat menjalankannya.

 

4. Memperhatikan biaya kuliah

  

Selain memperhatikan beberapa hal diatas, tentu saja poin penting lainnya yang wajib dipertimbangkan adalah faktor biaya. Tentu saja biaya kuliah merupakan hal yang penting, karena jika sampai biayanya tidak cukup, bisa membuat anda di keluarkan dari universitas tersebut.

Jadi, setelah menemukan universitas yang tepat, langkah selanjutnya, cek berbagai biaya yang harus anda bayar. Mulai biaya pendaftaran, uang gedung, biaya persemester, dan lainnya. Pastikan gaji bulanan anda bisa untuk mencukupi semua tagihan yang dibebankan tersebut.

 

5. Pikirkan dan pertimbangkan dengan matang

 

 Jika anda sudah mempunyai niat untuk melanjutkan pendidikan di jenjang universitas maka pertimbangkan dan pikirkan matang-matang, jangan terlalu buru-buru menentukan pilihan, kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang pengaturan waktu kuliah dan lainnya sebaik mungkin, jangan sampai saat anda sudah memutuskan masuk namun dikemudian hari ada masalah, yang membuat anda kesulitan dalam menjalankan keduanya (bekerja dan kuliah).

Saran kami, minta pendapat dan rekomendasi teman atau saudara yang saat ini juga sedang menjalankan perkuliahan kelas karyawan. Hal ini untuk meminimalisir, terjadinya penyesalan dikemudian hari, karena anda kurang informasi diawal.

 

6. Pilih kampus yang mudah dijangkau

 Dan yang terakhir, akan lebih baik bila anda memilih universitas yang lokasinya tidak jauh dari tempat kerja atau dari tempat tinggal anda. Karena bagaimanapun, nantinya masalah ini juga bisa berpengaruh pada kelancaran perkuliahan anda.

Nah, demikian diatas beberapa tips yang bisa kami bagikan pada anda yang saat ini sedang bingung memilih kuliah kelas karyawan yang tepat. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *