Tips Cerdas dalam Memilih Perguruan Tinggi yang Berkualitas

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang jauh lebih tinggi, tentu merupakan hal penting yang idealnya diwujudkan. Apalagi jika kita berpacu pada perkembangan saat ini,  banyak sekali pekerjaan yang hampir seluruhnya mencari SDM dari lulusan sarjana atau diploma.

Nah, bagi anda yang sedang bingung dalam memilih perguruan tinggi yang berkualitas, berikut telah kami rangkum beberapa tips memilih perguruan tinggi yang bisa dijadikan referensi.

 

Tips Saat Memilih Peguruan Tinggi Berkualitas

  • Cek Peringkat Akreditasi

Akreditasi merupakan hal yang sangat penting untuk anda ketahui. Semakin tinggi akreditasi suatu perguruan tnggi, maka tentu saja citra serta lulusannya juga memiliki kualitas yang sangat baik.

Nah, di dalam dunia pekerjaan, beberapa perusahaan ternama umumnya mensyaratkan karyawan yang akan mereka rekrut memiliki setidaknya minimal akreditasi institusi yang baik, yaitu akreditasi B. Bahkan ada juga yang menetapkan akreditasi A.

Perlu anda ketahui, akreditasi sendiri dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu :

  • Akreditasi A (sangat baik).
  • Akreditasi B (baik),
  • Akreditasi C (kurang)
  • Belum terakreditasi.

Bagi anda yang ingin mengetahui akreditasi dari suatu perguruan tinggi, anda bisa melihatnya dengan mengakses website resmi BAN-PT

  • Mengatahui Akreditasi Jurusan yang Dipilih

Di samping akreditasi perguruan tinggi, akreditasi jurusan juga tidak kalah penting untuk anda pertimbangkan. Misalnya, nih, bisa saja perguruan tinggi yang akan anda tuju memiliki akreditasi B, namun jurusan yang anda minati belum tentu B juga, dan bisa saja masih terakreditasi C atau bahkan belum terakreditasi sama sekali karena masih tergolong jurusan baru.

Oh, ya, untuk mengetahui akreditasi dari seluruh jurusan perguruan tinggi manapun yang ada di indonesia, anda bisa melihatnya di website Badan Akreditasi Nasional.

  • Peringkat Perguruan Tinggi

Peringkat suatu perguruan tinggi kerap diabaikan oleh banyak calon mahasiswa, karena dirasa tidak begitu penting. Padahal faktanya, semakin tinggi peringkat perguruan tinggi tentu saja berbanding lurus juga dengan kualitas yang bisa anda dapatkan  jika kuliah di sana.

Nah, untuk mengetahui peringkat dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia anda bisa melihatnya di website Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU dan lain sebagainya.

  • Biaya Kuliah

Salah satu hal yang tidak dapat terpisahkan untuk mencerminkan kualitas dari salah satu perguruan tinggi adalah besaran biaya kuliah yang harus dikeluarkan.

Biasanya, jika perguruan tinggi tersebut memang sudah punya nama yang besar,  dan terkenal mampu mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas baik, maka harga yang ditetapkan untuk berkuliah di sana pun pasti akan sedikit lebih mahal. Hal itu disebabkan karena banyaknya fasilitas mumpuni yang bisa diperoleh mahasiwa-mahasiswi di kampus tersebut.

  • Lokasi Perguruan Tinggi

Sebelum memutuskan untuk kuliah di luar kota atau bahkan luar provinsi, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu, apakah di daerah sekitar tempat tinggal anda, ada perguruan tinggi yang berkualitas baik atau tidak, karena bagaimana pun juga hal ini akan berkaitan erat dengan biaya yang nantinya harus anda keluarkan untuk kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Nah, demikianlah tips yang sebaiknya dijadikan pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi berkualitas yang dijadikan tempat anda menimba ilmu. Namun, sebelum kami tutup pembahasan ini, kami ingatkan, hasil akhir yang paling menentukan sukses tidaknya anda dalam meraih prestasi, adalah dari keseriusan dan kerja keras anda dalam belajar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *