Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Ideal

Saat masa putih abu-abu telah berakhir, maka masa kuliah lah yang harus anda hadapi. Tentunya, dalam dunia kuliah anda akan menemukan suasana, juga tantangan yang sangat berbeda di banding ketika masih di SMA. Jurusan yang akan anda ambil, sangat menentukan seberapa menyenangkan masa kuliah anda serta seberapa banyak prestasi yang bisa anda raih.

Untuk itu, jangan sembarang dalam menentukan pilihan. Nah, bagi anda yang masih bingung dalam memilih jurusan, kali ini kami akan membagikan beberapa tips memilih jurusan kuliah yang paling ideal, yang bisa dijadikan referensi. Penasaran?

6 Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah

  • Sesuai dengan Passion

Pastikanlah anda memilih jurusan di bidang yang anda kuasai dan anda sukai. Sebaiknya hindari risiko besar dalam mengambil jurusan hanya karena faktor gengsi, ikut teman, dan hal-hal konyol lainnya.

Jika anda memaksa mengambil suatu jurusan karena faktor tersebut, maka dijamin anda tidak akan pernah bisa menikmati masa yang fun selama dibangku kuliah sampai dengan sarjana. Bahkan bisa jadi anda akan kesulitan mendapatkan nilai akademik yang bagus di jurusan tersebut.

Nah, dengan memilih jurusan yang sesuai dengan passion anda, dijamin sesulit apapun rintangan yang harus anda hadapi ketika di jurusan tersebut, akan tetap terasa mudah, karena anda menjalaninya tanpa beban.

  • Faktor Dana/Uang

Faktor keuangan akan selalu menjadi permasalahan klise yang sulit untuk dihindari dan dikendalikan. Dalam hal memilih jurusan kuliah di suatu perguruan tinggi, sebaiknya anda juga memperhitungkan terlebih dahulu berapa biaya kuliah yang harus dikeluarkan sampai dengan lulus menjadi sarjana.

Oh, ya, di samping itu apabila jurusan yang akan diambil berasal dari kampus yang jaraknya sangat jauh dari domisili anda, tentunya anda juga harus memperhitungkan biaya hidup serta biaya kost yang harus dikeluarkan.

Kendati demikian, faktor uang bukanlah segala-galanya. Jangan sampai karena masalah finansial tersebut anda menjadi menutup diri dari minat terhadap jurusan kuliah yang anda impikan.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah, anda bisa kuliah sambil mencari pekerjaan sambilan, atau sambil berwirausaha, serta bisa juga dengan mengikuti program beasiswa dari jurusan yang anda pilih.

  • Berkonsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Jika anda masih bingung dan belum menemukan jawaban mengenai jurusan kuliah apa yang akan diambil, saran kami, sebaiknya anda berkonsultasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman. Tidak perlu jauh-jauh, anda bisa mendiskusikannya dengan orang tua anda, saudara atau teman-teman dekat.

Orang tua pada dasarnya memiliki ikatan emosional yang begitu kuat mengenai buah hatinya dan tanpa disadari mereka pun mengetahui bakat alami terpendam yang ada di dalam diri anaknya. Siapa tahu, setelah anda mendiskusikan permasalahan tersebut bersama orang tua, anda semakin yakin dan mantap dalam menentukan pilihan.

Apabila ternyata masukan dari orang tua tidak cukup menghempaskan keraguan dari hati anda, maka anda pun bisa berkonsultasi dengan orang-orang di sekitar, yang selama ini anda anggap  sudah berhasil/sukses. Mintalah saran dari mereka.

  • Jangan Terpengaruh Teman

Setelah euphoria kelulusan, biasanya para pelajar SMA berlomba-lomba untuk memutuskan tempat di mana mereka akan berkuliah dan jurusan yang akan diambil. Nah, tidak jarang mereka memiliki tujuan perguruan tinggi serta jurusan yang sama.

Biasanya keadaan sepeti ini yang akan menimbulkan perasaan berkecamuk di benak segelintir siswa yang belum bisa menentukan pilihan dan akhirnya supaya euphoria tersebut juga bisa dia rasakan, maka keputusan yang diambil pun jadi asal-asalan, yaitu mendaftar di jurusan yang bukan berasal dari pilihan hati dia sendiri.

Nah, hal ini perlu dihindari karena dapat menjerumuskan anda pada kesalahan mengambil jurusan, yang nantinya berdampak fatal pada tingkat prestasi anda, kerena tidak sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

  • Pertimbangkan Prospek ke Depan

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah mempertimbangkan prospek ke depannya dari jurusan yang dipilih.

Misal dari segi reputasinya. Pikirkan juga apakah jurusan yang telah ditentukan dapat memberikan keuntungan masa depan pada anda atau tidak. Contohnya, seperti memberikan peluang magang juga pengalaman yang baik di dunia kerja. Di samping itu, pastikan juga jurusan tersebut sudah terakreditasi.

  • Buat Opsi Pilihan

Hindarilah mengambil satu jurusan dan satu Universitas saja. Buatlah 2 plan sekaligus, yaitu plan A dan juga plan B.

Sikap optimistis sangat dibutuhkan dalam hal ini, walaupun demikian anda pun harus tetap realistis, bahwa kemungkinan gagal dalam setiap pilhan yang diambil akan tetap selalu ada.

Nah, setidaknya apabila  salah satu pilihan anda tersebut ternyata gagal, maka anda masih punya harapan pada pilihan yang lain.

Demikianlah diatas beberapa tips memilih jurusan kuliah yang bisa anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, dan selamat mencoba,

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *