Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017 UNB

 

 

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Nusa Bangsa dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 9 dan 10 September 2017 bertempat di Kampus Universitas Nusa Bangsa. Peserta PKKMB TA. 2017/2018 sebanyak 340 orang. Fokus dalam pelaksanaan PKKMB Tahun 2017 yaitu proses pendewasaan dan pembelajaran, yang dilaksanakan dengan tertib sesuai aturan-aturan yang ditetapkan serta tidak ada kekerasan fisik ataupun mental, sesuai Keputusan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan KemenristeK Dikti Nomor 096/BI/SK/2016. Tujuan pelaksanaan PKKM adalah :

  1. Agar mahasiswa baru dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan.
  2.  Mengenalkan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan masyarakat.
  3. Mengenalkan tata kelola perguruan tinggi.
  4. Memberikan gambaran petingnya pendidikan karakter khususnya nilai integritas, moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di kampus dan masyarakat.
  5.  Memotivasi dan mendorong mahasiswa baru untuk memiliki rasa percaya diri tinggi.

 

Materi yang disampaikan dalam PKKMB antara lain :

  1. Pendidikan Tinggi Indonesia.
  2. Pengenalan kehidupan berbangsa dan bernegara.
  3. Kegiatan Akademik di perguruan tinggi.
  4. Pengenalan Nilai Budaya, tata krama dan etika keilmuan.
  5. Layanan Mahasiswa.
  6. Organisasi dan kegiatan mahasiswa.
  7. Persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi.
  8. Pendidikan karakter menuju kehidupan anti narkoba.

 

 Narasumber yang menyampaikan materi selain berasal dari Institusi UNB, juga berasal dari institusi lain yaitu KOREM 061 Surya Kencana Bogor, Dinas Kesehatan Kota Bogor, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor.

 

 Di hari ke-2 PKKMB dilaksanakan pembuatan Lubang Resapan Biopori di lingkungan Kampus UNB dengan bekerja sama dengan Radar Bogor dan dipandu oleh Prof. Kamir R. Brata. Untuk meningkatkan semangat dan kekompakan para mahasiswa baru dilakukan Outbond yang dipandu oleh BEM FMIPA UNB.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *